Kadis Parpora Pangkep Hadiri Pembahasan Objek Wisata Dewi Lamsang

oleh
oleh

Kadis Parpora Pangkep Hadiri Pembahasan Objek Wisata Dewi Lamsang

Pangkep-makassarpena.com. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangkep Syamsir Dg. Buang hadiri langsung pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Kalabirang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan berlangsung di ruang pertemuan Kantor Kelurahan, pada Jumat 15 Desember 2023.

Pembentukan ini untuk memilih kembali kepengurusan yang sudah tiba masa periodesasinya dan untuk penyegaran kembali struktur pengurus pengelolaan sekaligus membahas tentang objek wisata Dewi Lamsang yang ada di Kelurahan Kalabbirang.

Rapat yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangkep ini didampingi Kabid Dispora Irvan Aliyafie, dipimpin oleh Lurah Kalabbirang Mustan dan diikuti para tokoh pendidik Pakkai, Ketua Pokdarwis yang lama Abdul Aziz bersama jajaran serta para tokoh masyarakat dan pemerhati wisata.

Kadis Parpora Pangkep Syamsir sampaikan Pokdarwis ke depan itu harus betul-betul mengetahui apa yang harus dilakukan di sana nantinya,  dqn pilihlah pengurus yang betul-betul bisa diharapkan dan diandalkan untuk keberhasilan dari berkembangnya potensi objek wisata, para pemuda yang potensial juga bisa dilibatkan.

“Jadi dalam penyusunan struktur pengurus hari ini tujuannya betul-betul bisa menjadi pengelola taman wisata dengan melibatkan semua unsur yang ada di sini, direvisi sesuai dengan fungsi dan tujuan peruntukannya,” lanjutnya.

Dikatakan Syamsir hal-hal yang menyangkut kelancaran saluran air dan irigasi yang ada di stempat wisata perlu kita bendung agar menyangkut masalah kebersihan dan sampah-sampahnya terpisah dari aliran air permandian serta fungsinya bagi masyarakat para petani juga tidak terganggu.

“Berhasilnya wisata tersebut tanpa diminta tanpa diusul pemerintah akan membantu, baik akses jalannya, struktur fasilitas sarana dan prasarananya, serta bendungannya dibantu di samping Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga jelas yang jadi terdepan untuk membantu, yang terpenting hari ini adalah memilih pengurus terutama ketua,” ujarnya.

Menurut Syamsir sebaiknya sesudah terbentuknya kepengurusan ini kita langsung mengadakan peninjauan dan kita sesuaikan dengan usulan-usulan yang dimasukkan termasuk usulan pembentukan bendungan.

“Menyangkut masalah dana itu pasti ada tetapi perlihatkan dulu dan berbuat dulu.
Oleh sebab itu pilihlah dulu pengurus sekarang dan kita mulai menatanya dengan baik objek wisata di sana Insya Allah pendapatan akan meningkat,” jelasnya.

Apapun yang dibuat kata Syamsir, berbagai kegiatan seni budaya sudah bisa diterapkan di sana, bisa kita buka secara online seperti di Tompobulu semacam Trail run dan masih banyak lagi yang tentunya potensial untuk dilaksanakan untuk meningkatkan pendapatan di sana tetapi utamakan dulu itu saja katto-katto dan sinrili yang perlu kita kembangkan di sana.

Syamsir berharap semoga nanti masyarakat setempat di Kelurahan ini dan sekitarnya menjadi masyarakat yang sejahtera, meningkat pendapatan ekonominya serta semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat atau wisatawan lokal dan domestik maupun dari manca negara.

“Semoga dengan inovasi dan kreativitas pengelolaan yang lebih profesional ke depannya dapat berbuat lebih banyak agar, lewat promosi yang lebih baik, efektif dan akurat semua dapat mengetahui lebih luas khas dan keistimewaan dari objek wisata Dewi Lamsang yang ada di Kelurahan Kalabbirang ini,” harapnya.

Lurah Kalabbirang Mustan menyambut, dengan pertemuan ini kami sangat bersyukur kepada Parpora terkait dengan pariwisata Dewi Lamsang untuk dibenahi atau diperhatikan oleh pemerintah dalam hal ini Bupati.

“Harapan kami pembentukan kelompok dengan ketua baru ini mudah-mudahan nanti Dewi Lamsang akan berubah dan berkembang dengan baik dan dapat menghasilkan pendapatan lebih baik dari lagi sebelumnya,” tutupnya.

Dari hasil pertemuan ini dicapai beberapa kesepakatan diantaranya akan melakukan pembenahan beberapa bagian dan peningkatan sistem pengelolaan dari objek wisata Dewi Lamsang, membuat tanggul atau bendungan pemisah dari jalur sumber air jernih yang berasal dari pegunungan untuk air permandian dan aliran air pinggir gunung yang langsung untuk persawahan.

Akhirnya masyarakat berhasil memilih pengurus baru yang langsung disahkan oleh lurah untuk selanjutnya mereka yang terpilih menyusun kelengkapan anggota selanjutnya. Adapun yang terpilih sebagai Ketua Pakkai dan Wakil M. Yusuf serta Penasehat Abdul Azis. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.