Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik PWI Pangkep

oleh
oleh

Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik PWI Pangkep

Pangkep-makasssrpena.com.  Pelatihan Jurnalistik PWI Pangkep 2023 terselenggara di aula Appaka Baji Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Kelurahan Samalewa Kecamatan Bungoro pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Pelatihan jurnalistik dihadiri Kepala Seksi Humas Polres Pangkep Imran, SH., juga dihadiri perwakilan dari Kodim 1421 Pangkep Letda Mukarram, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Pangkep serta perwakilan dari PT Semen Tonasa Sapri serta sejumlah undangan.

Patut diapresiasi kegiatan jurnalistik ini, ungkap Kepala Dinas Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Dr. Sabrun Jamil saat membuka secara resmi pelatihan tersebut.

Dr. Sabrun mengatakan, mempelajari jurnalistik juga akan meningkatkan kemampuan dalam menulis, sehingga bisa mengirimkan artikel ke surat kabar/media massa, bisa mengasah kemampuan kita dalam wawancara, teknik menyampaikan berita dan lain-lain.

Pelatihan jurnalistik PWI Pangkep bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep amat penting bagi pelajar dan siswa–siswi guna menimbah pengetahuan dan pemahaman tentang jurnalistik.

” Maraknya muncul wartawan tanpa media di daerah ini yang senantiasa mengintervensi, mengintimidasi dan menakut–nakuti warga masyarakat termasuk pimpinan instansi, menjadi tantangan bagi pengurus PWI Kabupaten Pangjep untuk melakukan upaya antisipasi dini dengan melakukan pelatihan jurnalistik,”ungkap Ketua PWI Kabupaten Pangkep Muhammad Taqwa Al. Hamdi, SH saat membawakan sambutan.

Pelatihan jurnalistik ini merupakan penjabaran program kerja seksi pendidikan PWI Pangkep, guna memberikan pemahaman kepada warga masyarakat Kabupaten Pangkep tak terkecuali para pelajar, siswa–siswi, mahasiswa dan ASN tentang kerja–kerja jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Ini penting, selain memberikan pemahaman tentang kerja–kerja jurnalistik sekaligus memberi pengetahuan dan wawasan tentang Undang–undang No 40 tahun 1999 tentang pers.

“Dengan menguasai keterampilan dasar jurnalistik, seseorang yang ingin menjadi jurnalis dapat lebih memahami bagaimana jurnalisme bekerja dengan baik, profesional dan bertanggungjawab,” tandas Muhammad Taqwa..

Melalui pelatihan jurnalistik ini, peserta akan dilatih untuk mengemas naskah-naskah di media internal mereka menjadi jauh lebih menarik, baik itu naskah berita, artikel, feature, ataupun tulisan laporan.

Pelatihan jurnalistik kali ini selain diikuti ASN  juga para pelajar, siswa – siswi, mahasiswa serta warga masyarakat yang punya minat dan bakat di bidang kewartawan. Hal ini disampaikan Ketua Panitia pelaksana Syaifullah Sahabuddin dalam laporanya.

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk melatih para peserta dalam penulisan jurnalistik dengan baik dan terstruktur.

“Kesempatan ini sangat berharga sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan jurnalistik dan tentunya mampu meningkatkan kinerja ke depannya,” tambah Syaifullah.

Usai pembukaan pelatihan jurnalistik dilanjutkan pemaparan materi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Dr. Sabrun Jamil dengan judul Pentingnya Literasi Pendidikan bagi pelajar dan siswa–siswi, serta pemateri kedua, Drs.H. Bisman, M.Si dengan judul : Sejarah Pers dan UU Pers, kemudian pemateri ketiga Dr. H. Dahlan Abubakar (Dosen Unhas), dilanjutkan pemateri keempat H. Idcham Latief, SH.,MH dengan judul Teknik Peliputan Berita.

Peserta sangat antuasi mengikuti pelatihan yang merupakan program Seksi Pendidikan PWI Pangkep kali ini dibawa koordinator Hamza Sampo. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.