SMAN 3 Pinrang Juara Tari Tingkat Nasional

oleh -210 Dilihat

Pinrang-makassarpena.com. SMAN 3 Pinrang kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan juara favorit I lomba tari yang memperebutkan piala Kemendagri dan Kadifa juara favorit I pada lomba tari kreasi nusantara yang bertema Tenun dan Songket Nasional 2022 yang berlansung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta 24/9,
serta juara 2 dan 3 kategori lomba tari warisan nusantara di Atrium Mangga Dua Jakarta.

Menurut penyelenggara kegiatan dari Khadifa H.Zulfikar, bahwa lomba ini dalam rangka hari Tenun Nasional yang merupakan warisan kebudayaan Indonesia untuk membangun sektor kebudayaan pariwisata Indonesia dan ini menjadi event besar yang di SK kan langsung oleh Kemendagri untuk menyelenggarakan event dengan harapan menjadi event rutin besar dan menjadi magnet wisata international.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Badan Penghubung, Kepala Anjungan, Kepala TMII, serta putra putri Tenun dan Songket se Indonesia, dengan sistem tranformasi digital dan penilaian langsung dengan indikator dari para pakar tari, bahkan para pelatih merasa salut kepada panitia karena penilaian langsung transparan dan bahkan langsung dikomentari kelemahan dan kelebihan tari yang dipersembahkan tersebut.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Prof Dr. Anna Mariana berharap agar kegiatan ini melahirkan penari yang bisa mengharumkan nama baik Indonesia dan yang juara tentunya merupakan pilihan yuri yang memang terbaik.

“Peserta mesti terus bersemangat dan tampil terbaik untuk mengharumkan nama daerah dan bangsa Indonesia,” jelasnya. Kita berharap sambungnya,  agar generasi bangsa terus mencintai budaya Indonesia, sehingga lomba ini melahirkan generasi yang cinta karya Tenun dan Songket Indonesia.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Pinrang Abdul Wahid Nara membenarkan jika dua siswanya yang berangkat ke Jakarta mengikuti event tari disana merupakan anggota Sanggar Seni SMAN 3 Pinrang dengan mengikuti dua ajang lomba di dua tempat yang berbeda di Jakarta.

“Kami merasa bangga karena kedua event yang diikuti siswa binaan kami berhasil membawa pulang tiga piala yang mengharumkan nama sekolah di tingkat nasional,” jelas Wahid Nara yang juga wakil Ketua Umum IGI Pusat ini.

Lanjut Wahid, saya berharap agar siswa yang juara bisa menjadi motivator bagi siswa yang lain untuk bisa meraih juara pada setiap lomba yang diikuti.

Sementara itu, salah satu peserta yang juara, Nasri mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang memberi ruang untuk mengembangkan bakat dan minatnya dan dilatih oleh salah satu guru di sekolah tersebut yaitu pak Zainal yang juga pembina sanggar seni Lasinrang Pinrang.

“Kami bersyukur bisa mengharumkan nama sekolah diajang nasional, dan pihak sekolah memberi ruang kepada kami untuk mengikuti berbagai lomba,” ungkap siswa kelas XI ini.

Ini membuat kami bersemangat untuk terus berlatih, apalagi sekolah kami merupakan sekolah penggerak, tambah Nasri. (ys)

No More Posts Available.

No more pages to load.