Lembaga Adat Kecamatan Labakkang Gelar Raker

oleh
oleh

Lembaga Adat Kecamatan Labakkang Gelar Raker

Pangkep-makassarpena.com.  Lembaga Adat Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menggelar rapat kerja (Rakercam) berlangsung di Warkop R2R Jalan Coppeng-Coppeng Kelurahan Labakkang, Kecamatan Labakkang, Rabu, (22/5/2024).

Raker dihadiri Sekcam Labakkang Abd Rahman mewakili Camat, Kapolsek Aidil Akbar, Karyo mewakili Danramil, Taman Budaya Dikbud Pangkep, parah pengurus Dewan Adat Karaeng Labakkang, tokoh adat Kakaraengang Labakkang di bawah pimpinan Andi Syukri Karaeng Ramma (Ketua Umum lembaga adat Karaeng Labakkang), para tamu dan undangan lainnya.

Bertagline “Dengan semangat persatuan bersama kita mengembangkan dan melestarikan adat istiadat menuju Labakkang berbudaya,” dipimpin Lurah Bontomasunggu Andi Arief Pangurisang Karaeng Jarre, dengan moderator Sahid Noor Kr Sitonra yang sekaligus sebagai sekretaris umum, menampilkan Penalar materi Akmaluddin, SS (Pamong Budaya Dikbud Pangkep).

Dalam sambutan sekaligus membuka Rakercam Abd Rahman menyampaikan, bahwa kita harapkan lembaga ini akan melaksanakan fungsinya untuk mengembangkan hal yang perlu kita pegang bersama.

“Sudah lama kita cita-citakan bersama tentang lembaga adat di Kecamatan Labakkang dan tahun ini Alhamdulillah kita sudah buktikan, dan tentunya tidak ada melainkan demi untuk kemaslahatan kita bersama di Kecamatan Labakkang dan sekaligus mengangkat bahkan sampai ke tingkat nasional bahwa di Kecamatan Labakkang ini termasuk ada Kakaraengang, begitu pula lembaga adat yang perlu kita benahi bersama,” lanjutnya.

Dikatakan Rahman selaku pemerintah Kecamatan Labakkang sangat berterima kasih kepada seluruh warga, khususnya warga Karaeng ini yang perlunya memikirkan kebesaran lembaga adat kita ini.

“Tugas kita ini adalah merupakan keluaran bersama untuk disampaikan ke Kecamatan Labakkang, dan bukan hanya untuk Kecamatan Labakkang dan insya Allah untuk Kabupaten Pangkep umumnya,” harapnya.

Menurut Rahman, dengan terbentuknya lembaga adat ini diharapkan mengekspos apa-apa yang perlu kita sampaikan di luar termasuk ke tingkat nasional karena selama ini  kakaraengang Labakkang senantiasa mengikuti acara-acara lembaga adat.

Sedangkan dalam sambutannya Andi Syukri Karaeng Ramma mengatakan, lembaga adat kita ini telah mengurusi dan menstabilkan adat budaya kita di Labakkang.

“Alhamdulillah berkat kita semua ini, saya dan para pengurus yang dikukuhkan oleh Bapak Bupati Pangkep, khususnya Patturioloang semata-mata untuk membackup kegiatan-kegiatan yang sudah turun temurun adat budaya kita jaga marwahnya,” katanya.

Rapat kerja lembaga adat Karaeng Labakkang masa bakti 2024 2028 membahas program kerja, anggaran dasar anggaran rumah tangga serta rekomendasi dengan draft usulan program kerja yakni rekomendasi pemberian status pahlawan nasional kepada Andi Marudani Dg Pali Karaengta Bonto-Bonto dan dan Haji Andi Sewang Karaeng Muntu, renovasi istana Balla Lompo Labakkang, renovasi rumah jabatan Camat Labakkang dan alih fungsi menjadi museum sejarah Karaeng Labakkang, Seminar sejarah Labakkang dalam rangka penyusunan kembali lontarak Patturioloang Labakkang, penyusunan kembali lontarak sila-sila Kakaraengang Labakkang, pembuatan perpustakaan sejarah dan budaya Labakkang, pembentukan masyarakat adat Labakkang, pembentukan pasukan adat Labakkang. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.