Mantan Ketua PWI Sulsel dan Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Jabat Ketua SIWO PWI Sulsel

oleh
oleh

Mantan Ketua PWI Sulsel dan Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Jabat Ketua SIWO PWI Sulsel

Makassar-makassarpena.com.  Mantan Ketua PWI Sulsel dua periode dan juga Ketua Bidang Oganisasi PWI Pusat periode 2018-2023, Zulkifli Gani Ottoh S.H. terpilih sebagai Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Sulawesi Selatan dalam pemilihan yang sudah dilaksanakan.

“Media Sinergi” yang memberitakan keterpilihan Zugito, sapaan Zulkifli Gani Ottoh, sama sekali tidak menyebutkan kapan pemilihan Ketua SIWO itu dilaksanakan, Informasi ini tayang di media tersebut hari ini, Sabtu (30/3/2024).

Ir.Manaf Rahman yang juga Ketua Bidang Organisasi PWI Sulsel yang dikontak melalui pesan wahatsapp (WA) menjelaskan, pemilihan berlangsung beberapa hari setelah Konferensi Kerja SIWO pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jakarta minggu ketiga Februari 2024.

Dalam konferensi tersebut, Sulsel dan Bali mengajukan diri sebagai tuan rumah HPN tahun 2025. Sulsel selama ini baru satu kali menjadi tuan rumah HPN, yakni pada tahun 1990.

Organisasi SIWO PWI Sulsel beberapa tahun terakhir ini terkesan ‘mati suri’ setelah ditinggalkan Rahman Hamzah yang ketika itu juga menjabat Humas KONI Sulsel. Dalam rapat-rapat KONI Sulsel, SIWO Sulsel sebagai salah satu organisasi olahraga fungsional, kerap absen. Jika pun hadir, suaranya tidak terdengar lantang seperti beberapa tahun sebelumnya.

Padahal, dengan kehadiran SIWO di pengurus KONI Sulsel dapat melaksanakan berbagai kegiatan, seperti diskusi olahraga akhir tahun atau tentang tema-tema masalah olahraga yang aktual dengan mengundang sejumlah teoritisi dan praktisi olahraga serta atlet.

Ketika Piet Heriyadi Sanggelorang (alm.) menjabat Ketua SIWO kemudian dilanjutkan oleh Syarifuddin May, SIWO pernah melaksanakan pemilihan atlet, pembina dan pendukung olehraga terbaik di Sulsel. Kini, seiring dengan ketidakaktifan SIWO dan diperburuk lagi oleh situasi pendanaan terhadap KONI Sulsel dari Pemprov Sulsel, kegiatan yang sudah rutin tersebut mati sama sekali.

Tokoh Pers Sulsel, M.Dahlan Abubakar yang pernah menjabat Pengurus KONI Sulsel selama 23 tahun menilai, keterpilihan Zugito sebagai Ketua SIWO Sulsel selain semakin sulitnya menemukan kader pemimpin di tubuh PWI Sulsel, juga berpotensi menutup keran kaderisasi wartawan-wartawan muda yang profesional kelak dapat dijadikan pemimpin organisasi profesi ini ke depan.

“Kalau saya seperti posisi Zugito, justru akan mendorong munculnya tenaga muda untuk belajar memimpin organisasi ini, bukan menutup ruang mereka belajar dan berkreasi,” ujar penyandang Uji Kompetensi Wartawan Utama Dewan Pers 2011 tersebut.

Anggota PWI seumur hidup ini mengatakan, terpilihnya Zugito sebagai Ketua SIWO Sulsel merupakan ‘sejarah baru’ dalam sejarah organisasi PWI di daerah ini. Pasalnya, sulit menemukan seorang yang pernah menjabat Ketua PWI Sulsel dua periode dan ketua bidang di PWI Pusat mau ‘turun gunung’ untuk memimpin sebuah seksi di tubuh PWI Provinsi. (*).

No More Posts Available.

No more pages to load.