Kelurahan Talaka Gelar Musrenbang Pemberdayaan Pemanfaatan Dan Pelayanan Dasar

oleh
oleh

Kelurahan Talaka Gelar Musrenbang Pemberdayaan, Pemanfaatan Dan Pelayanan Dasar

Pangkep-makassarpena.com. Pemerintah Kelurahan Talaka melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan yang dilangsungkan di aula pertemuan kantor Kelurahan Talaka Kecamatan Ma’rang tahun 2025.

Musrenbang yang mengusung tema “Pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya lokal dan terlengkap pelayanan dasar” dilaksanakan di aula pertemuan kantor Kelurahan Talaka jalan poros Makassar Pare Kecamatan Ma’rang pada senin, 29 Januari 2024.

Hadir Dewi Sartika mewakili Kepala Balitbangda Kabupaten Pangkep, anggota DPRD Tauhid dari Fraksi Partai Gerindra, Polsek Ibrahim AB, Lurah Andi Isdar, S.Sos, Camat Ma’rang Saharuddin, Danramil Ma’rang M. Raharto, Polsek Ibrahim AB, Ketua LPM Drs. H. Bachtiar Arief, Sekretaris Diknas Amiruddin, para perwakilan OPD terkait lainnya beserta jajaran.

Menurut Lurah Talaka Andi Isdar, bahwa dalam rangka mencapai efektivitas dan efisiensi pelaksanaan musrenbang ini kiranya pada pelaksanaan usulan kegiatan kedepan agar betul-betul terealisasi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kelurahan Talaka.

“Kita harus kompak menyampaikan usulan untuk kita perjuangkan demi kesejahteraan masyarakat ketimbang tidak ada usulan karena kalau tidak ada usulan tidak ada yang ditunggu,” lanjutnya.

Dalam sambutan sekaligus membuka musrenbang, Camat Ma’rang Saharuddin sampaikan bahwa karena muslimah itu adalah berdasarkan regulasi yang diatur sesuai undang-undang yang berlaku, maka memang wajib dilaksanakan apapun itu jadi keputusan dari masyarakat yang diusulkan yang akan dilaksanakan.

“Kegiatan masyarakat ini adalah merupakan kegiatan prioritas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Menurut Sahar, musrenbang ini ada tim dan itu memiliki tahapan dan jenjang dari pra musrenbang dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga tingkat pemerintah pusat.

“Musrenbang ini merupakan hal yang penting menyangkut berbagai bidang sosial, ekonomi, politik, budaya, pertahanan dan keamanan. Ini adalah sesuatu yang istimewa karena merupakan wadah masyarakat untuk menyalurkan aspirasi karena dilengkapi oleh semua unsur dari masyarakat,” lanjutnya.

Sahar berharap, apa yang dikerjakan pada musrembang kali ini dapat terwujud dan dapat berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Penjelasan teknis dari perwakilan Balitbangda Kabupaten Pangkep Sartika Dewi juga sampaikan, secara teknis bahwa proses perencanaan pembangunan yang akan menjadi realisasi penganggaran untuk dilaksanakan di tahun berikutnya dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Tentu saja tidak semua usulan akan terakomodir. Bagaimana pembangunan dan pemerataan di Kabupaten Pangkep, bagaimana visi misi Bupati Kabupaten Pangkep di tahun pembangunan yang diamanahkan kepada kita,” ujarnya.

Dilanjutkan Sartika, ini semua yang akan menjadi tujuan dan sasaran daripada musrembang, dimana sesuai dengan tema pemberdayaan masyarakat dalam pemantapan sumber daya lokal dan pemantapan pelayanan dasar.

“Jadi memang harus ada usulan dari bawah karena apa yang akan kita kerjakan kalau tidak ada usulan dari bawah,” tandasnya.

Dijelaskan Sartika, tapi jangan khawatir tentang usulan kita yang tidak terakomodir jangan menyalahkan kalau tidak terakomodir karena ada yang lebih urgent untuk diprioritaskan.

“Karena proses penentu dari musrenbang ini adalah pada tingkat yang lebih di atas oleh sebab itu diharapkan dikawal dari tiap jenjang melalui perwakilan perwakilan kita dari tiap-tiap jenjang,” tutupnya. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.