Pelantikan Anggota KPPS Lingkup PPS Kelurahan Samalewa

oleh
oleh

Pelantikan Anggota KPPS Lingkup PPS Kelurahan Samalewa

Pangkep-makassarpena.com. Pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Samalewa Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 berlangsung di Kecamatan Bungoro Jalan Poros Makassar Pare Kelurahan Samalewa pada Kamis 25 Januari 2024.

Ikut dihadiri Camat Bungoro Andi Waris, SE, Kepala Puskesmas Bungoro H. Darwis, Lurah Samalewa Faharuddin, Babinsa Hasan, Babinkamtibmas Ryaas, Ketua PPS Samalewa Irmayanty.

Pengambilan Sumpah dilakukan oleh Ketua Panitia pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Samalewa Irmayanty didampingi Rohaniawan H. Baharudin dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua PPS.

Dalam sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum yang dibacakan oleh Ketua PPS Kelurahan Samalewa Irmayanti, bahwa KPPS sangat penting peranannya sebagai penyelenggara pemilu sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara  pada hari ini Kamis tanggal 25 Januari 2024 dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71 000 titik.

“Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan,” lanjutnya.

KPU menyadari dampak signifikan terhadap kelestarian alam, KPU memandang penting penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

“Pelantikan secara serentak ini mendapat penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia (MURI) untuk 3 kategori rekor yaitu pelantikan secara serentak anggota penyelenggara pemilu terbanyak, bimbingan teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara Pemilu terbanyak dan penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu.

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis tujuh orang anggota KPPS yang berbeda dengan pemilu pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada satu orang anggota KPPS.

“Kami berharap agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan.

Demikian juga anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

Camat Bungoro Andi Waris dalam sambutannya, terkait dengan pelantikan hari ini selaku Kepala Kecamatan Bungoro mengharapkan kepada kita semua jaga kesehatan kita baik-baik, kesehatan juga perlu walaupun semangat kita besar tapi kalau sedikit ada gangguan kesehatan mustahil kita bisa jalankan tugas.

“Jadi dari awal saya sampaikan kesehatan tetap dijaga dan kami inginkan untuk mensukseskan pemilu yang tidak lama lagi. Insya Allah kita semua ini dapat menjalankan tugas dan di tangan atau di pundak saudara-saudara sekalianlah ditentukan keberhasilan daripada pelaksanaan pemilu,” lanjutnya.

Selaku penyelenggara tentunya harapan pemerintah dimana pelaksanaan di bawah bisa dijalankan dengan sempurna.

“Dan saya rasa janganlah ada intervensi dari pihak manapun, laksanakan tugas sesuai dengan pernyataan pakta integritas yang bapak ibu tadi sampaikan di acara pelantikan ini. Dari 35 TPS yang ada di Kelurahan Samalewa saya kira cukup besar jika dibanding dengan keluaran keluaran lain,” ujarnya.

Andi Waris berharap warga di sini tidak ada yang tidak datang memilih, semuanya diminta datang ke TPS sampaikan hak pilihnya, sampaikan bahwa kontes ini penyelenggaraannya hanya sekali dalam 5 tahun dan rugilah mereka kalau tidak menggunakan hak pilihnya.  Pemilih secara sehat dan cerdas sesuai dengan nurani. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.