Berbagai Agenda Penerimaan Hasil Nilai Belajar SDN 3 Lemba 

oleh
oleh

Berbagai Agenda Penerimaan Hasil Nilai Belajar SDN 3 Lemba

Soppeng-makassarpena.com. Pelaksanaan agenda penerimaan hasil nilai belajar SDN 3 Lemba meliputi penerimaan buku raport dan pagelaran Panen Hasil Karya P5 yakni, Kelas 1 dan 2 menyajikan berbagai jenis kue tradisional Bugis serta persembahan tari tradisional daerah.

Kelas 4 menyajikan ragam kue tradisional dan makanan tradisional serta mensimulasikan Barzanji atau Mabbarasanji versi Bugis. Kelas 5 menyajikan makanan tradisional, persembahan tarian daerah, mensimulasikan proses tradisi Mappacci, dan proses resepsi inti Mappabotting ( mappendre botting, mappakawing, mappassikkarawa, managji, dan membawa hikma pernikahan). Semua sesi dalam kegiatan ini murni diperankan oleh peserta didik.

Pagelaran acara ini diawali dengan penyerahan buku raport dan dibuka langsung oleh Kepala SDN 3 Lemba Falmunadi, S.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh orang tua murid yang terlibat dan turun tangan dalam kegiatan ini.

” Keterlibatan orang tua di sini cukup terbilang 100 persen pelaku, utama mulai dari perencanaan sampai diakhir kegiatan, inilah yang dinamakan kolaborasi sempurna,”terangnya.

Semoga dengan keterlibatan orang tua selaku mitra, guna mensukseskan jalannya sistem pendidikan untuk menciptakan generasi yang handal di masa yang akan datang.

Kepala UPTD SPF SDN 3 Lemba Falmunadi menuturkan, tujuan pagelaran ini agar peserta didik bisa menjaga budaya dan menanamkan jiwa nasionalisme, mengajak anak-anak mencintai makanan tradisional yang bergizi yang aman untuk dikonsumsi, serta memperkenalkan tradisi budaya kearifan lokal agar generasi ini bisa menjadi jembatan penerus dan pelestari budaya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, gelaran karya atau panen hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini merupakan unjuk karya kreativitas siswa yang merupakan hasil belajar selama kegiatan projek.

” Selama projek, siswa ditanamkan dimensi Profil Pelajar Pancasila (beriman, bertakwa serta berakhlak mulia, kreatif, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, bergotong royong) dan hari ini sudah terwujud dan kami saksikan langsung,” ujar Sekdisdikbud.

Dikatakan pula bahwa, dirinya mewakili Pemerintah Kabupaten Soppeng khususnya Dinas Pendidikan cukup bangga dengan Satuan Pendidikan SDN.3 Lemba yang selalu menjadi roll model dan bisa menyajikan kegiatan baru atau yang luar biasa, baik dari inovasi proses pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan lainnya dan itu terbukti sudah diapresiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI selaku Sekolah Inspiratif dan selalu menyebar video-video pembelajaran atau hal pendidikan.

” Kami juga sangat berharap agar SDN 3 Lemba ini bisa konsisten untuk selalu berbagi praktek, baik kepada guru dan sekolah lainnya,” ucap Sekretaris Disdikbud.

Sementara itu, Kordinator pelaksana kegiatan, Sumarni, S.Pdi, M.Pd menyampaikan kepada pihak media bahwa, dalam kegiatan ini peran kami dari guru-guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan mengarahkan serta memperkenalkan tradisi kepada peserta didik yang dilaksanakan dari awal semester sampai panen hasil diakhir semester.

” Keterlibatan orang tua dalam pelaksanaan P5, ini di luar dugaan kami, mereka bisa berpartisipasi penuh dan sangat antusias sekali,” pungkasnya. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.