LBH Cita Keadilan Soppeng Gelar Seminar Nasional

oleh
oleh

LBH Cita Keadilan Soppeng Gelar Seminar Nasional

Soppeng-makassarpena.com. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cita Keadilan Soppeng menggelar seminar nasional di Triple 8 The Riverside Resort Soppeng Sulawesi Selatan, Kamis, 21 Desember 2023.

Seminar nasional bertema, ” Peran Pemerintah Dalam Mewujudkan Akses Keadilan Melalui Bantuan Hukum Sebagai Capaian Program Prioritas Nasional Dalam RPJMN 2020-2024 dalam rangkaian ulang tahun ke-20 LBH Cita Keadilan Soppeng bekerjasama Kanwil Kemenkum HAM Sulawesi Selatan.

Seminar ini diagendakan dibuka Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkum HAM RI, Widodo Ekatjahjana. Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SS, juga dijadwalkan hadir menyampaikan sambutan.

Narasumber pada seminar ini, Prof. Dr. Widodo Eka Tjahjana, S.H, M.Hum, (Kepala BPHN Kemenkum HAM RI, dengan materi yang akan dipaparkan ” Peran Pemerintah Dalam Mewujudkan Akses Keadilan Melalui Bantuan Hukum Sebagai Capaian Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020-2024″.

Narasumber Sofyan, S.Sos., S.H, M.H, (Kepala Pusat Pemberdayaan dan Bantuan Hukum) memaparkan materi “Pelaksanaan Bantuan Hukum Dalam Mewujudkan Pemerataan Bantuan Hukum Mencapai Program Prioritas Nasional”.

Dijadwalkan juga, narasumber Prof. Dr. Andi Syukri Akub, S.H, M.H, Dosen Fakultas Hukum Unhas Makassar dengan memaparkan materi, Delik Formil dan Materiil dalam KUHPidana serta Penerapannya.

Narasumber lainnya, Dr. H. Muhammad Yusuf, S.H, S.I.K, M.T, (Kapolres Soppeng) dengan materi yang akan dipaparkan “Langkah Penegakan Hukum Pidana Ligitasi dan Non Ligitasi di Lingkup Wilayah Hukum Polres Soppeng”.

Juga akan hadir Pemateri Salahuddin, S.H, M.H, (Kajari Soppeng) memaparkan materi “Upaya Preventif, Restoratif Justice dan Penegakan Hukum di Lingkup Kerja Kejari Soppeng”.

Pemateri lainnya, Emha Husain, S.H, M.H, dan Dr. Sakka Pati, S.H, M.H, (IKA UNHAS Makassar) akan memaparkan materi “Akses Keadilan Layanan Bantuan Hukum Terhadap Perempuan dan Anak”.

Seminar akan ditutup dengan melaunching Desa Sadar Hukum, oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkum HAM RI.
Seminar ini akan dihadiri instansi, ormas dan organisasi wartawan di Soppeng.

Hal ini dibenarkan Direktur LBH Cita Keadilan Soppeng, Abd. Rasyid, S.H, sesaat seminar akan dibuka, Kamis, 21 Desember 2024. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.