Kesbangpol Gelar Coffee Morning Bersama KPU Dan Bawaslu Pangkep

oleh
oleh

Kesbangpol Gelar Coffee Morning Bersama KPU Dan Bawaslu Pangkep

Pangkep-makasssarpena.com. Coffee morning Forkopimda dalam rangka cipta kondisi jelang Pemilu, Pemilukada, Natal 2023 dan tahun baru 2024 yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di Baruga Bela Negara Kodim1421/Pangkep Pangkajene pada Rabu 13 Desember 2023.

Coffee morning atas inisiasi Badan Kesbangpol Pangkep ini dihadiri Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL), Dandim 1421/Pangkep Letkol Inf Fajar, Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti, Ketua Pengadilan Negeri Pangkep Galih Dewi Inanti Akhmad, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pangkep Sulfikar, Wakil Ketua DPRD Pangkep Sofyan Razak, Ketua KPU Kabupaten Pangkep Ichlas bersama sejumlah jajarannya, anggota Komisioner Bawaslu Pangkep Andi Hikmawati Koordinator Divisi Hukum, Kepala Badan Kesbangpol Pangkep Asril beserta jajarannya dan sertaan personil terkait masing-masing stakeholder.

Tujuan dari diadakannya coffee maning ini sebagaimana disampaikan Kebam Kesbangpol Pangkep adalah bagaimana kita mempersiapkan pelaksanaan pemilu yang ujung-ujungnya sukses sesuai yang diharapkan.

“Selain itu juga forum ini membahas tentang bagaimana persiapan menjelang Natal 2023 dan tahun baru 2024,” lanjutnya.

Menurut Asril, terkait sukses pemilu saya kira kita perlu kesepahaman bahasa dan tindakan, khususnya dari seluruh komponen pimpinan perangkat pimpinan daerah begitu juga dengan penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu.

” Artinya dengan satu frekuensi menyikapi dari pemilihan ini, kita berharap tidak ada kendala-kendala atau hal-hal yang menjadi hambatan khususnya di Kabupaten Pangkep,” terangnya.

Sambung Asril, melaksanakan pemilihan itu baik kesiapan anggaran, kesiapan personil dan kita tahu saat ini sudah memasuki tahapan perekrutan KPPS dan kami juga dari Pemerintah Daerah sudah membuat surat edaran Bupati. Para stakeholder terutama ASN dimungkinkan terlibat sebagai anggota KPPS membantu pelaksanaan pemilu di tingkat desa kelurahan.

Bupati Pangkep MYL sampaikan, hari ini kami melaksanakan coffee morning dengan Forkopimda yang diharapkan bagaimana sinkronisasi program yang akan dilaksanakan dari teman-teman KPU dan Bawaslu terkhusus di bulan 12 ini.

“Kita juga berharap semua kegiatan ini berjalan dengan lancar dankhususnya yang sekarang sudah dimulai yaitu perekrutan KPPS. Kita juga berharap semua program berjalan sesuai dengan jadwal,” harapnya.

Coffee morning yang diinisiasi Kesbangpol ini mendapat apresiasi dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pangkep.

” Terima kasih karena melalui forum seperti ini suasananya lebih santai dan lebih sejuk. Sehingga beberapa keinginan-keinginan kami ini dipenuhi oleh Pemda berarti konsolidasi demokrasi di Pangkep ini sudah kelihatan,”ujar Iclas.

Dijelaskan Iclas, dengan ini akan ditindaklanjuti surat edaran di mana Pemda akan menggratiskan semua proses pemeriksaan kesehatan calon KPPS yang kita sudah buka ditanggal 11 Desember kemarin sampai dengan tanggal 20 Desember 2023.

Ichlas melanjutkan, Pemda juga memberikan apresiasi terkait dengan kelengkapan sat linmas yang kita butuhkan dari fasilitas seragam yang dipenuhi oleh Pemda.

“Kita berharap segala fasilitas pemerintah yang ada di desa dan kelurahan yang akan dijadikan sebagai TPS dan gudang penyimpanan logistik direspon baik oleh Pemerintah Daerah untuk disiapkan karena kenapa mengingat nanti di bulan 2 itu masuk musim hujan yang kemudian banjir. Sehingga ini menjadi prioritas kami untuk mendapat bantuan apalagi pulau-pulau terluar dan terpencil daerah kami,” lanjutnya.

Oleh Bawaslu Pangkep Andi Hikmawati berujar, ada beberapa poin yang kita bahas dengan Pak Bupati diantaranya, Bawaslu melakukan langkah-langkah pencegahan di semua stakeholder mulai dari tingkat desa, kelurahan, Camat hingga sampai pada tingkat kabupaten bahwa pencegahan itu penting dengan berbagai macam sosialisasi aturan-aturan dan regulasi.

Ditekankan Andi Hikmah, dengan proses tahapan sekarang di masa kampanye ini kita fokus kepada bagaimana metode-metode kampanye ini dan bahan kampanye yang disebar oleh peserta pemilu itu kita pastikan bahwa itu sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan di Undang-Undang nomor 7 maupun PKPU dan Perbawaslu.

“Itu yang menjadi titik fokus pengawasan kami di masa kampanye ini, utamanya pada materi-materi kampanyenya, petugas kampanye dan tim kampanyenya agar bisa memberikan informasi yang lebih tepat kepada jajaran penyelenggara baik kepada KPU maupun kepada kami di Bawaslu,, sehingga kami bisa melihat apa yang menjadi titik rawan terjadinya pelanggaran. Di situ kita masuk pada proses mencegah jangan sampai dilaksanakan sesuatu yang di luar dari aturan yang ada,” tutupnya. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.