Semua Desa di Takalar Sebaiknya Punya Website Desa

oleh
oleh

Semua Desa di Takalar Sebaiknya Punya Website Desa

Takakar-makassarpena.com. Semua desa di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, sebaiknya punya website desa agar mudah berinteraksi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus sebagai pertanggungjawaban dan dapat dikenali oleh masyarakat luas.

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala dinas kesehatan Dr. Hj NILAL FAUZIAH beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Dirut RSUD TAKALAR Dr. RUSLAN RAMLI, Amd.Kes beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan RIFANY, S.Ip., M.Si mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang DIKDAS RAKMADI, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64.

“Sebaiknya semua desa di Takalar punya website desa. Website desa penting sebagai pusat informasi lokal, sebagai media koordinasi keamanan desa, sebagai media silaturrahim perangkat desa dengan warga, serta sebagai alat untuk meningkatkan SDM desa antara lain dengan membuat video bercocok tanam yang baik dan benar, video peternakan, video industri rumah tangga, dan lain-lain,” kata wartawan senior Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat tampil sebagai pemateri pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se Kabupaten Takalar Tahun 2023, di Hotel Lynt, Jl Hertasning, Makassar, Ahad, 17 September 2023.

Asnawin yang membawakan materi “Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa” mengatakan, banyak manfaat dengan adanya website desa.

“Banyak manfaat dengan adanya website desa, antara lain menjadi media promosi dan pengembangan desa, menjadi media publikasi kegiatan desa, meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, menjadi alat komunikasi dua arah, serta menjadi sumber data yang lengkap bagi Pemerintah Desa dan masyarakat setempat,” kata Asnawin.

Dia mengatakan, sejumlah desa di Takalar sudah memiliki website desa, tetapi hanya sedikit dari website desa tersebut yang rajin memposting berita-berita dan informasi terbaru, bahkan ada website desa yang data terbarunya diposting satu tahun lalu.

“Website desa selain selengkap mungkin fiturnya, juga harus sering diperbaharui berita atau informasinya, sehingga menjadi akrab di mesin pencari internet. Dalam hal ini, pemerintah desa juga perlu menugaskan khusus satu dua orang sebagai pengelola website desa, dan juga bisa meminta bantuan anak-anak desa yang sedang kuliah untuk membantu mengisi beragam informasi dan berita di website desa tersebut,” tutur Asnawin.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se Kabupaten Takalar yang dibuka oleh Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, diikuti 50 peserta yang terdiri atas Kepala Desa dan apparat desa dari 25 desa dari empat kecamatan di Takalar, yaitu Kecamatan Mangarabombang, Kecamatan Mappakasunggu, Kecamatan Polongbangkeng Utara, dan Kecamatan Tanakeke.

Selain materi Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa yang dibawakan Asnawin Aminuddin, para peserta pelatihan juga mendapatkan materi Penyusunan dan Pengelolaan Anggaran Desa, Optimalisasi Penggunaan Anggaran Desa, Pungutan Liar sebagai Musuh Bersama Bangsa, serta materi Transparansi Pembangunan dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

“Kami berterima kasih kepada Bupati Takalar yang memberikan kepercayaan kepada PWI Takalar untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami juga berterima kasih atas kehadiran para Kepala Desa dan aparat desa dalam kegiatan ini, semoga banyak ilmu yang bisa diserap untuk kemudian dimanfaatkan dalam pembangunan desa,” kata Ketua PWI Kabupaten Takalar, Hasdar Sikki, yang didampingi Sekretaris Supahrin Tiro pada acara penutupan. (asnawi)

No More Posts Available.

No more pages to load.