Berburu Cahaya di Langit Sumpang Binangae

oleh
oleh

 

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala dinas kesehatan Dr. Hj NILAL FAUZIAH beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Dirut RSUD TAKALAR Dr. RUSLAN RAMLI, Amd.Kes beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan RIFANY, S.Ip., M.Si mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang DIKDAS RAKMADI, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64.

Berburu Cahaya di Langit Sumpang Binangae

Barru-makassarpena.com. Masjid Modern Kurir Langit Kabupaten Barru merupakan  Masjid Modern pertama di Indonesia. Dibangun sejak 23 Mei 2017 oleh se kelompok anak muda milenial tanpa proposal.

Masjid yang berdiri diatas lahan berukuran 336 m2 dengan kapasitas jamaah 200 – 250  beralamat di jalan Anggrek No. 77 Kampung Ujunge – Maruala Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebelum Masjid ini dibangun pada 2017 lalu, Pengurus Masjid Kurir Langit telah terbentuk dalam sebuah gerakan sedekah kurir langit. Beranggotakan para remaja di Kabupaten Barru.

Awalnya mereka hanya menjadi perantara beberapa donatur untuk menyampaikan sumbangannya ke orang yang membutuhkan. Dengan hanya menjadikan warkop sebagai tempat berkumpul para relawan. Setelah beberapa tahun mereka akhirnya menyewa sebuah ruko yang digunakan sebagai basecamp kurir langit.

Di tahun 2017, seorang donatur memberikan sebidang tanah kepada relawan kurir langit untuk membangun sebuah Masjid. Merekapun merancang sebuah Masjid dengan konsep milenial yang mempunyai tagline multi manfaat.

Dihadapan rombongan Takmir, Majelis Taklim dan kelompok pengajian Masjid Al Ittihad Toddopuli 7 Makassar, Presiden Masjid Kurir Langit Andi Muhammad Nur Syahid M mengatakan, Masjid Kurir Langit didirikan oleh pemuda dibawah umur 30 tahun dan saat ini membina sekitar 300 santri secara gratis.

” Masjid merupakan garda terdepan dan benteng terakhir,” ujarnya.

Itulah sebabnya tambah Syahid, Masjid Kurri Langit, selain aktif dan hadir memberi bantuan setiap terjadi bencana, Masjid ini juga mendonasikan dananya untuk 13 ribu santri pada Pondok Pesentren di 2 provinsi dan 10 kabupaten setiap bulan, memberikan jaminan kesehatan bagi jamaah yang tidak mampu, dan membiayai santri berprestasi hingga kuliah.

Rombongan Takmir, Majelis Taklim dan kelompok pengajian yang dipimpin H. Andi Arief Mappagiling didampingi Sekretaris Takmir Masjid Muhammad ismail dan Imam Masjid Ustdz Abd. Rahman, serta beberapa Pengurus Majelis Taklim, Rabu, 6 September 2023.

Andi Arief Mappagiling dalam pengantarnya menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya bersama rombongan, selain menjalin silaturahmi juga untuk memperoleh informasi dan gambaran lengkap guna menambah wawasan dan referensi mengenai konsep manajemen modern pengelolaan Masjid menuju Masjid Modern yang makmur dan memakmurkan lingkungan.

Keunggulan Masjid Kurir Langit kata Syahid, antara lain memiliki Poliklinik Gratis, Dapur Umum, Baitul Maal,  Tijarah Centre, Kamar Tamu VIP,  Anjungan Wisata Religi, Masjid Buka 24 Jam, Rata-rata dari pengurusnya masih remaja, Kas Masjid tidak ditabung, langsung dimanfaatkan untuk banyak program dengan saldo penerimaan bulanan berkisar 500 juta, Masjid kecil, tapi keuangannya dikelola tenaga akuntansi profesional, Ratusan jamaah sholat Jumat disiapkan makan siang, Masjid Full Internet Gras 22 Jam (Kecuali Magrib Isya), Majelis ilmu sangat banyak (Kajian Tauhid, Kajian Quran, Kajian Ibadah,dll), Training Life Skill (Design Grafis, Entrepreneurship, Public Speaking, Home Industri dll).

Masjid juga  bebernya, menyiapkan Beasiswa Pendidikan Tahfidz Quran Formal/Non Formal, Menyuplai kebutuhan makan setiap bulan untuk ribuan Yam, santri, penghafal Quran dan fisabilillah di 10 kab/kota, Masjid punya bantuan biaya kesehatan dhuafa, rumah baru, Masjid punya 2 unit Ambulance Gratis melayani 24 Jam, Masjid punya ratusan relawan takmir, Setiap Subuh disiapkan sarapan dan Masjid punya 4 unit usaha.

“Masjid Modern Kurir  Langit juga sudah membuka cabang di Kabupaten Maros, Pangkep dan Parepare,” tutupnya.

Laporan : Anwar Sanusi

No More Posts Available.

No more pages to load.