Tim Damkar Kota Makassar Sosialisasi Penanganan Kebakaran

oleh
oleh

Tim Damkar Kota Makassar Sosialisasi Penanganan Kebakaran

Makassar-makassarpena.com. Di tengah puluhan warga lorong RW 01 Tidung Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Lurah Tidung Andi Muhammad Kamil Yamin S.ST , Muhammad Fauzan Nadjamuddin SH, ibu-ibu PKK, Ketua RT D Muhammad Kasmin  yang mendapingi Abd. Pahmi, Tim penyelamat kebakaran dari Dinas Damkar Kota Makassar memberi materi pemahaman terhadap kebakaran.

Pada sosialisasi itu, Pahmi mengatrasikan tekhnik dan beberapa cara ketika terjadi musibah kebakaran. Tindakan paling utama adalah berusaha melawan rasa panik, kemudian berusaha melepas sumber api.

Contoh yang diperagakan di tengah tengah warga apabila api bersumber dari tabung gas, maka langkah awal yang dilakukan adalah menutup tabung tersebut dengan kabas yang ukurannya tentu lebih besar dari tabung itu.

Pahmi  juga menjelaskan, berdasarkan data terjadinya kebakaran itu karena kelalaian atau kelupaan. Namun alasan yang sering terdengar akibat konslet, padahal secara teori kelistrikan, jika bersentuhan antara label positid dan negatif, secara otomatis pembatas listrik akan turun, artinya tidak adalagi strum.

“Secara prinsif kami dari Dinas Damkar dalam hal ini tim penyalamat, jika terjadi kebalaran rumah misalnya, maka tindakan paling pertama kami lakukan adalah berusaha agar api tidak menjalar jauh, sehingga jika petugas menyiram, maka yang disiram itu bukan sumber apinya, tapi area sekitar yang kami hitung kemungkinan besar akan dijalari api. Dengan begitu, resiko korban akan lebih sedikit,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua ORW 1 Tidung, Amin Usman menyampaikan terima kasih kepada Pamerintah Kelurahan karena telah mengundang petugas Damkar untuk memberi sedikit pemahaman terkait kebalaran. Apalagi daerah ini tergolong padat penduduk. (amin usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.