KH. Muhammad Jazir Berbagi Kiat Kelola Masjid

oleh
oleh

KH. Muhammad Jazir Berbagi Kiat Kelola Masjid

Makassar-makassarpena.com. Jamaah Masjid adalah jamaah yang satu sama lainnya saling kenal, sedangkan jamaah solat adalah jamaah yang datang solat dan sesudah itu pergi.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Yogyakarta dan Wali Amanah KMP Nasional, KH Muhammad Jazir, ASP, di Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend. M. Jusuf, Minggu 18 Juni 2023.

Ustad Jazir sapaannya, hadir di tengah jamaah Magrib bicara  seputar kiatnya mengelola masjid Jogokariyan Yogyakarta.

” Yang pantas ditiru mengelola Masjid adalah Rasulullah Muhammad, SAW,” ujarnya.

Menurut  pria kelahiran Oktober 1962 ini yang merupakan lulusan Fakultas Tarbiyah IAIN (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), kita menjadi umat lemah  karena kita belum bisa berjamaah, Masjid masih sebatas digunakan untuk solat dan belum mampu menyelesaikan masalah jamaah.

Dia memberikan contoh, di Masjid Jogokariyan, beberapa anak hampir putus kuliah karena tidak bisa bayar uang kuliah, beberapa jamaah masjid tidak bisa berobat karena mahalnya biaya Rumah Sakit dan setelah berkomunikasi dengan takmir Masjid semua biaya yang dikeluhkan jamaahnya ditanggung Masjid.

Uang Masjid katanya, bukan hanya dihabiskan untuk pembangunan fisik, tetapi dipakai membangun jamaah.

” Fungsi Masjid adalah baitullah  yang diperuntukan untuk mengangkat kesejahteraan jamaah,” tegasnya dengan nada tinggi.

Masjid sebagai tempat ibadah (Baitullah), Masjid sebagai pusat pembentukan karakter jamaah (Baitut Tarbiyah), Masjid sebagai jembatan amal sosial jamaah (Baitud Dakwah), Masjid sebagai kekuatan pengelolaan ziswaf (Baitul Mal), dan Masjid sebagai tempat membangun kemandirian ekonomi umat (Baitul Muamalah).

KH. Muhammad Jazir juga menyampaikan, Masjid selain sebagai tempat solat berjamaah, Masjid juga berfungsi sebagai wadah menyelesaikan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

” Peranan Masjid juga bisa merubah orang miskin menjadi penyumbang,” tutupnya. (as)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.