Masyarakat Tumpah Ruah Ramaikan Pesta Mappadendang

oleh
oleh

Masyarakat Tumpah Ruah Ramaikan Pesta Mappadendang

Pangkep-makassarpena.com. Pemerintahan Desa Barabatu sukses menyelenggarakan acara pesta Mappadendang yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Barabatu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Minggu 4 Mei 2023 malam.

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala dinas kesehatan Dr. Hj NILAL FAUZIAH beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Dirut RSUD TAKALAR Dr. RUSLAN RAMLI, Amd.Kes beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan RIFANY, S.Ip., M.Si mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang DIKDAS RAKMADI, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64.

Dengan dipadati dan diramaikan oleh ribuan warga masyarakat yang tumpah-ruah dari berbagai unsur dan pemangku kepentingan berbaur, bersilaturahmi dan bergembira bersama Pemerintahan Desa dibawah pimpinan Kepala Desa Barabatu Haris, panitia pelaksana, warga masyarakat desa dan sekitarnya.

Hadir diantaranya anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Partai Golkar H. Sofyan Syam, tokoh nomor 1 Partai Nasdem Kabupaten Pangkep H. Syamsul A. Hamid yang sekaligus ayahanda dari Bupati Pangkep, Plt Asisten 3 Akbar Yunus, Kadis DPMD Djajang dan Sekretaris Zulfadli, Kadis Pertanian A Agustina Wangsa, Perwakilan PT Semen Tonasa yang dipimpin Bu Ila, serta perwakilan Forkopimda, OPD dan institusi se tingkat Kabupaten lainnya.

o

Nampak pula jajaran Forkopimca dan jajaran pimpinan setingkat Kecamatan Labakkang lainnya, parah Lurah dan Kepala Fesa se Kabupaten Pangkep, kelompok dan organisasi di bidang pertanian serta organisasi lainnya.

Acara Mappadendang ini merupakan adat dan tradisi suku “masyarakat Sulawesi Selatan” yang memiliki makna bentuk kegembiraan dan juga rasa syukur para petani atas hasil panen padi yang melimpah.

Pesta ini juga merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur yang telah mengajarkan kepada kita cara bercocok tanam dan mengolah padi menjadi beras dengan cara ditumbuk di lesung.

Tujuan dilaksanakan acara ini selain untuk menambah rasa syukur kita kepada Tuhan juga untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal yang mulai terlupakan saat ini.

Acara Mappadendang ini diharapkan juga dapat mengajarkan kepada kita tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan alam dan hubungan kita antara sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan YME.

Dalam sambutan Kades Barabatu Haris, disampaikan bahwa acara pesta Mappadendang yang sudah lama tak pernah digaungkan yakni selama 32 tahun baru terlaksana kembali sekarang, acara Mappadendang nanti terlaksana kembali di jamannya Kepala Desa saya saat ini.

“Dari bisikan Bupati bahwa di Labakkang Barat ada acara Mappalili setiap tahunnya kenapa di Labakkang Timur tidak ada, maka saya bertekad di Labakkang Timur ada acara besar jadi kebanggaan yakni Pesta Mappadendang yang juga akan dilaksanakan tiap tahunnya,” terang Kades.

Sambutan Bupati Pangkep yang diwakili oleh asisten 3 Akbar Yunus berharap, semoga acara ini bukan sekedar acara kegiatan ritual dan rutinitas semata saja, tetapi menjadi kegiatan yang mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

” Olehnya kami dari Pemerintah Kabupaten Pangkep memberikan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada kepada Pemerintahan Desa Barabatu yang telah melaksanakan kegiatan pada malam hari ini yang telah vakum selama 30-an tahun,” ujarnya.

Tambahnya, Mudah-mudahan kegiatan ini kedepannya akan kita laksanakan terus-menerus secara kontinyu.

Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang menjadi bagian dari kegiatan atau program pemerintah yang tentunya masuk pada program visi misi Dasa Cita Pangkep Hebat.

Acara pesta Mappadendang ini diisi dan diramaikan dengan acara pemberian palung panitia (pemangku adat) kepada Bupati dan Kades, Paddekko, pencak silat dan pameran pusaka senjata tradisional dari organisasi Badik Celebes Pangkep.

Kembali saat wawancara Kades Barabatu Haris, dengan sukses acara ini mengungkapkan, bahwa memang sudah wacana sejak awal sebelum saya jadi Kepala Desa untuk mengembalikan kegiatan acara Mappadendang ini.

Haris berharap tiap tahun kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dan ini adalah tingkat kecamatan.

Untuk itu dia menghimbau, mari kita laksanakan kembali acara ini sebagaimana kita harapkan bersama. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.