RKPD 2024 Fokus Atasi Kemiskinan dan Peningkatan Ekonomi

oleh
oleh

RKPD 2024 Fokus Atasi Kemiskinan dan Peningkatan Ekonomi

Pangkep-makassarpena.com. Pemerintah Kabupaten Pangkep menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun anggaran (TA) 2024.

Musrenbang RKPD TA 2024 yang mengusung tema pemantapan pelayanan publik, pengembangan iklim demokrasi dan pemeliharaan kualitas ketentraman dan ketertiban, berlangsung di ruang pola Sekretriat Daerah (Setda) Pangkep, Selasa (28//3/23).

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan, RKPD TA 2024 fokus prioritas mengatasi kemiskinan. Meskipun katanya, prioritas ini telah dilaskanakan sejak tahun 2021 hingga 2023.

Selain prioritas atasi kemiskinan, RKPD TA 2024 prioritaskan atasi kesenjangan sosial serta penetapan masyarakat miskin yang lebih tepat sasaran.

“Dan juga mendukung pembangunan yang bisa membantu pengembangam ekonomi khususnya bidang pertanian, perikanan dan pariwisata. Dan ada juga pengembangan baik pada lingkup ASN maupun pengembangan peningkatan daya saing UMKM,”jelasnya.

Kepala Bappelitbangda Pangkep Iman Takbir, menerangkan Musrenbang ini diharapkan menjadi pertemuan untuk menentukan prioritas yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga, permasalahan sektor ekonomi, sosial, kemasyarakatan dan pemerintahan bisa diselesaikan bersama.

“Melalui Musrenbang hari ini, menjadi titik temu kita antara kebutuhan masyarakat dan perencanaan yang diinginkan pemerintah adalah bagaimana meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, menyelesaikan angka kemisikinan, menyelesaikan angka pengagguran, angka Stunting dan menghadapi potensi bencana alam baik banjir maupun puting beliung,”jelasnya.

Musrenbang kali ini, dirangkaikan dengan peluncuran aplikasi Jaring aspirasi prioritas masyarakat Pangkep Hebat (Japrima Pangkep Hebat).

Japrima katanya, lahir dari hasil kajian bahwa tingkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat dengan hasil Musrenbang masih sangat rendah.

“Dengan Japrima, kedepan kita mampu melakukan pemetaan permasalahan apa saja yang dialami masyarakat. Japrima menjadi aplikasi dukung aplikasi SIPDRI dan pendukung aplikasi Satudata Indonesia,”jelasnya. (hamzah)

No More Posts Available.

No more pages to load.