Wabup Resmi Buka Seleksi Tiwatil Al Qur’an dan Hadist

oleh
oleh

Wabup Resmi Buka Seleksi Tiwatil Al Qur’an dan Hadist

Soppeng-makassarpena. Seleksi Tiwatil Al Qur’an dan Hadist (STQH) Tingkat Kabupaten Soppeng yang ke IV Tahun 2023, di Lapangan Sepak Bola Andi Balli depan Kantor Camat Citta,
Senin malam, 06/03/2023.

Andi Muhammad Rasyidi S.Sos M.Si, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Soppeng dalam laporannya, Pelaksanaan STQH ini dimaksudkan sebagai momen
syiar Islam untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap Al Qur’an untuk dapat memahami sebagai pedoman hidup, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa kita pada umumnya.

Pelaksanaan STQH ini jelasnya, bertujuan untuk mencari Qori dan Qori’ah, Hafizh-Hafizah yang berkualitas yang nantinya akan mewakili Kabupaten Soppeng pada STQH tingkat provinsi yang Insya Allah akan dilaksanakan di Kabupaten Selayar pada tanggal 5-11 Mei 2023 dan mudah-mudahan juga dapat mewakili di tingkat nasional.

“Adapun tema pelaksanaan STQH ini yaitu “Menjadikan Al Qur’an dan Hadist Sebagai Pedoman Menuju Soppeng Yang Lebih Baik” dan sebagai bahan laporan kepada Bapak Wakil Bupati Soppeng bahwa STQH tingkat Kabupaten Soppeng pada tahun 2023 ini merupakan pelaksanaan STQH yang ke 4 di Kabupaten Soppeng,” terangnya.

Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Soppeng tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 06 – 08 Maret 2023 dipusatkan di Kecamatan Citta dengan peserta terdiri dari seluruh perwakilan Kecamatan se Kabupaten Soppeng sebanyak 127 orang dengan 4 cabang yang diperlombakan serta terdiri dari 20 golongan.

Sambutan Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP sekaligus membuka Seleksi Tiwatil Al Qur’an dan Hadist mengatakan, penyelenggaran STQH merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Alqur’an serta menegakkan syiar Islam, untuk
memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Bagi kaum muslim Alqur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, bernilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia.

Dalam STQH ini akan tampil Qari-Qariah, Hafizh-Hafizah terbaik perwakilan dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng dengan beberapa cabang lomba yang terbagi ke dalam kategori putra dan putri, diikuti oleh generasi yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi,membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif dan yang berkarakter Islami sebagai mana akhlak Rasulullah.

Dengan demikian STQH tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an tapi jalan untuk mengeduksi umat untuk semakin mencintai dan
membumikan Al Quran.

” Saya yakin dengan pemahaman ke Islaman yang semakin baik bukan hanya memperkuat jati diri seorarng muslim/muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhwah,” ujarnya.

Wakil Bupati juga meminta kepada Qari-qari’ah, Hafizh-Hafizah, yang akan mengikuti perlombaan untuk memberikan penampilan yang terbaik. Begitupula kepada seluruh Dewan Kakim agar memberikan penilaian yang seadil-adilnya kepada seluruh peserta karena hasil seleksi ini nantinya yang akan mewakili Kabupaten Soppeng ke tingkat provinsi.

Turut hadir, Forkopimda Kabupaten Soppeng, Sekertaris Daerah Kabupaten Soppeng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Soppeng, Kepala Rutan Kelas II Soppeng, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala Bagian Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng, para Kepala SKPD se Kabupaten Soppeng, para Camat, Lurah se Kabupaten Soppeng, para Pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Soppeng, para Kepala KUA se Kabupaten Soppeng,tokoh Agama dan tokoh masyarakat. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.