Pemkab Soppeng Kerjasama BBPMP Gelar Workshop

oleh
oleh

Pemkab Soppeng Kerjasama BBPMP Gelar Workshop

Makassar-makassarpena.com. Workshop Penyusunan Dokumen RKAS dan Penerapan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Pada Pengelolaan Dana Bos, Peningkatan Kapasitas Pendidik Dalam Pemanfaatan Media Tik dan Kit Dalam Pembelajaran, Peningkatan Kapasitas Pendidik Paud Dalam Upaya Percepatan Penurunan dan Pencegahan Anak Kerdil berlangsung di Hotel Aryaduta, Makassar, 27 Januari 2023.

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala dinas kesehatan Dr. Hj NILAL FAUZIAH beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Dirut RSUD TAKALAR Dr. RUSLAN RAMLI, Amd.Kes beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan RIFANY, S.Ip., M.Si mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang DIKDAS RAKMADI, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Dr.Nur Alim mengatakan, bahwa workshop ini mulai dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 30 Januari 2023.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini diantaranya meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Soppeng, menyusun perencanaan kegiatan dan kebutuhan sekolah dengan mengedepankan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, meningkatkan kompetensi guru/ pendidik PAUD untuk mendukung program percepatan Stunting.

Peserta workshop terdiri dari guru dan bendahara BOS dari 254 Sekolah Dasar se Kabupaten Soppeng, guru dan bendahara BOS Dari 38 Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Soppeng, tenaga pendidik dan kependidikan PAUD dan kesetaraan se Kabupaten Soppeng, lara Penilik dan Pengawas se Kabupaten Soppeng.

Adapun Narasumber/pembicara pada kegiatan ini adalah unsur Kementrian Pendidikan/ BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan, unsur Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, unsur Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Inspektorat Kabupaten Soppeng, Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, unsur Dinas P3AP2KB Kabupaten Soppeng, unsur PPBJ Kabupaten Soppeng, unsur Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, unsur Ikatan Dokter Anak Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, dan unsur Ikatan Guru Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Imran, S.Kom, MT mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng karena yang kesekian kalinya membawa pengajarnya untuk belajar bersama-sama di sini.

” Soppeng adalah salah satu kabupaten yang memang membangun pendidikan, Soppeng juga telah mendapat penghargaan dari kami terkait komitmennya dengan pendidikan, karena ada 6 pengajar diborong oleh Soppeng, termasuk sekolah penggerak Soppeng masuk 5 kabupaten pertama,” terangnya.

Menurutnya, Bupati Soppeng mampu memprovokasi para Bupati lain terkait dengan pendidikan. Soppeng juga menjadi mitra pertama kami perencanaan berbasis data yang memang diharapkan tumbuh komitmen yang tinggi, karena Soppeng sudah bergerak sebelum kami bergerak.

Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE yang membuka workshop tersebut dalam sambutannya mengatakan, salah satu tujuan pembangunan daerah Kabupaten Soppeng adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, dengan sasaran pembangunan yang akan dicapai adalah meningkatnya derajat lendidikan.

Pentingnya pendidikan yang berkualitas semakin disadari sebab terciptanya kualitas manusia dan kualitas masyarakat yang maju dan mandiri hanya dapat diwujudkan jika pendidikan masyarakat berhasil ditingkatkan.

Pencapaian pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Soppeng selama beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari pencapaian indeks pendidikan Kabupaten Soppeng dimana pada tahun 2016 sebesar 57,42 poin dan meningkat pada tahun 2021 yang sebesar 62,32 poin.

“Tentunya pencapaian ini merupakan hasil dari kerja sama dan kerja keras kita semua, khususnya para tenaga kependidikan di Kabupaten Soppeng,” jelas Bupati.

Pengembangan dan penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan merupakan suatu keniscayaan untuk sistem pendidikan yang lebih baik.  Jika memperhatikan manfaat dari penggunaan TIK ini, tentunya penggunaan TIK dalam pembelajaran maupun lingkungan sekolah tidak dapat dihindari. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran menjadi tuntutan yang mendesak dewasa ini.

Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng melakukan upaya strategis dimana para guru akan ditingkatkan kepercayaan dirinya serta dilibatkan dan ikut berpartisipasi dalam pengembangannya, yaitu pengembangan TIK untuk pembelajarannya demi peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

” Pada workshop kali ini saya berharap agar para peserta dapat betul-betul menambah wawasan dalam penggunaan pembelajaran TIK ini,” ujarnya lagi.

Dengan penuh harapan semoga workshop yang dilaksanakan ini dapat menjadi langkah awal kita dalam mewujudkan Soppeng yang lebih Melayani, Maju dan Sejahtera. Dengan demikian masyarakat Kabupaten Soppeng dapat merasakan manfaat secara optimal dari pembangunan yang telah direncanakan. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.