Banjir Rendam Sekolah dan Rumah Warga di Salimbongan

oleh -108 Dilihat

Banjir Rendam Sekolah dan Rumah Warga di Salimbongan

Pinrang-makassarpena.com. Banjir bandang menerjam sarana pendidikan dan pemukiman warga di Dusun Salimbongan esa Ulu Saddang Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.

Sejumlah pelajar terekam vidio warga, berusaha menyelamatkan peralatan sekolah hingga viral di media sosial.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pinrang Dr Rhommy M. Manule mengatakan, penyebab banjir yang melanda Dusun Salimbongan akibat sungai kecil yang ada di wilayah itu tidak mampu menampung air. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Sabtu 21 Januari 2023.

Banjir bandang melanda Dusun Salimbongan pada Jumat petang. Ketinggian air di wilayah itu mencapai 1-1,5 meter merendam sarana pendidikan dan rumah warga.

Rhommy mengatakan, selain merendam sarana pendidikan dari sekolah dasar hingga Sekolah lanjutan, banjir yang melanda dusun itu juga merendam rumah warga. Dusun ini memang langganan banjir.

Sekertaris Desa Ulu Saddang Abu Rahim tidak menampik wilayahnya menjadi langganan banjir, tapi banjir kali ini merupakan yang terparah sejak puluhan tahun terakhir.

Banjir bandang yang melanda Dusun Salimbongan kata dia, mengakibatkan 17 rumah warga terdampak banjir. Umumnya mengalami kerusakan pada peralatan dapur dan kasur yang hanyut saat banjir tiba.

Warga setempat Mustafa, mengaku ketinggian air di dalam rumahnya mencapai 1 meter saat banjir bandang menerjan Dusun Salimbongan.

Bahkan kata dia, keluarganya sempat mengungsi ke rumah kerabatnya yang aman dari jangkauan banjir.

Beruntung banjir sudah surut, namun sejumlah saran pendidikan seperti buku dan alat pelajaran lain di sekolah itu mengalami rusak parah. (ys)

No More Posts Available.

No more pages to load.