Kali Pertama, Rekrutmen PPK Gunakan sistem CAT

oleh -114 Dilihat

Kali Pertama, Rekrutmen PPK Gunakan sistem CAT

Pinrang-makasssrpena.com.  Untuk pertama kali perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) Di Kabupaten Pinrang menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).Sebelumnya rekrutmen PPK menggunakan sistem tertulis.

Ketua Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Politik dan Parmas KPU Kabupaten Pinrang  Muh.Ali Jodding mengatakan perekrutan PPK dengan sistem CAT sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas SDM penyelenggara pemilu.

” Karena PPK merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan pemilu,” terangnya saat ditemui di lokasi seleksi PPK SMK Negeri 2 Pinrang Selasa 6/12/2022.

Sehingga menurutnya, hasil pemilihan umum yang diperoleh akan lebih baik dari pemilihan umum sebelumnya.

KPU kata dia, akan mengumumkan rekapan hasil ujian setiap peserta ujian CAT usai mengikuti tes. Sebagai bukti bahwa seleksi PPK dilaksanakan secara profesional  karena ada anggapan masyarakat bahwa personil PPK diisi oleh orang orang yang dekat dengan Komisioner KPU.

Padahal lanjut Ali Djodding, rekrutmen yang dilakukan oleh PKU, untuk setiap perangkat penyelenggara pemilihan dilaksanakan sesuai aturan yang ada.

Seleksi penjaringan PPK di ikuti sebanyak 325 orang .

Dari pantauan, setiap peserta yang akan memasuki ruang ujian di geledah oleh petugas TNI dan Personil kepolisian. Peserta tidak diperkenankan membawa barang apapun ke dalam ruang ujian tersebut.

Ketua KPU Pinrang Alamsyah mengatakan,
KPU akan menjaring sebanyak 120 orang untuk petugas PPK. Masing-masing 5 orang PPK dan 5 orang lainnya cadangan.

Peserta yang dinyatakan lulus kata dia, setelah lulus dari ujian CAT dan wawancara.  Jadi untuk pelaksanaan wawancara calon PPK akan dilaksanakan pekan depan.

Pihak KPU lanjut Alamsyah mengapresiasi sejumlah pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan ujian CAT. Diantaranya Pihak SMK Negeri 2 yang menyediakan sarana pelaksanaan ujian dan TNI-Polri yang memberikan pengamanan di lokasi ujian.

Pelaksanaan ujian CAT berlangsung dalam empat section. Masing masing section di ikuti peserta dari 3 kecamatan. (ys)

No More Posts Available.

No more pages to load.