Pemilu Raya OSIS SMAN I Soppeng

oleh
oleh

Keterangan Gambar :
Pemilu Raya OSIS SMAN 1 Soppeng, dihadiri sejumlah pejabat. Jumat (7/10/2022). (man)

 

Pemilu Raya OSIS SMAN I Soppeng

Soppeng-makassarpena.com. SMAN I Soppeng merupakan salah satu Sekolah Penggerak yang berfokus pada pengembangan hasil belajar secara holistic, dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter), Jumat (7/10/2022).

Projek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada pelaksanaan kali ini, mengusung tema “SUARA DEMOKRASI” yaitu dengan melaksanakan Pemilu Raya OSIS SMAN I Soppeng untuk Indonesia masa depan dengan miniatur pemilu, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Bursa pemilihan ketua OSIS tahun ini diramaikan oleh tiga pasang calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS, yang dipaket secara langsung yang merupakan representasi dari seluruh peserta didik yang ada.

Kegiatan pemilos dengan model pemilu ini, merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di SMAN I Soppeng dengan menggandeng KPU Kabupaten Soppeng dan Bawaslu dalam pelaksanaannya. Walaupun yang pertama kali, namun kegiatan pemilihan ini berjalan lancar, aman dan tertib.

Naharuddin, S.Pd,. M.Pd Kepala UPT SMAN 1 Soppeng dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Projek Suara Demokrasi Pada Program Sekolah Penggerak adalah peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi satuan pendidikan, menggunakan kemampuan berpikir sistem, peserta didik menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.

“Pelaksanaan Pemilos dengan model miniatur Pemilu merupakan sarana pembelajaran yang efektif bagi siswa, khususnya tentang bagaimana berdemokrasi dan bagaimana menyalurkan aspirasi mereka sebagai pemili dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pemilihan OSIS kali ini juga merupakan ajang bagi siswa untuk mempraktekkan teori-teori demokrasi dan praktek pemilu yang diajarkan pada mata pelajaran PPKn.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pemilihan OSIS UPT SMAN I Soppeng, Dandin 1423 Soppeng, Kapolres Soppeng, Kapolsek Lalabata, Kepala Cabang Dinas Wil.IV, Pengawas Pembina Disdik, Ketua KPU Soppeng, Bawaslu Kabupaten Soppeng, Guru dan staf UPT SMAN I Soppeng. (*/man)

No More Posts Available.

No more pages to load.