Apel Gelar Pasukan OPS Zebra 2022 Polres Soppeng

oleh
oleh

Apel Gelar Pasukan OPS Zebra 2022 Polres Soppeng

Soppeng-makassarpena.com. Guna mewujudkan Kamseltibcarlantas (Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) yang presisi. Polres Soppeng apel gelar pasukan di halaman Mapolres Soppeng, Senin (3/10).

Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita, S.IK,  bertindak selaku inspektur upacara  membacakan sambutan seragam Kapolda Sulsel  mengatakan, Korlantas Polri selaku unsur pelaksana tugas pokok Polri di Bidang Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) senantiasa berupaya untuk melakukan berbagai inovasi dan terobosan khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik Polri di bidang lalu lintas sebagai perwujudan E-Policing dalam fungsi lalu lintas (Road Safety Policing).

Penggunaan teknologi digital telah dimanfaatkan sedemikian rupa untuk dapat diterapkan secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini merupakan suatu keniscayaan dalam rangka beradaptasi dengan dinamika perubahan sebagai salah satu bagian dari transformasi menuju Polri yang presisi, khususnya dalam penyelenggaraan transformasi pelayanan publik yang berkualitas, mudah diakses, modern dan terintegrasi.

Polri telah menetapkan kalender operasi Kepolisian dibidang lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun, operasi zebra pada tahun 2022 merupakan operasi Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di tengah pandemi Covid-19 dengan mengutamakan cara bertindak preemtif dan prefentif serta didukung pola gakkum lantas secara elektronik dengan menggunakan etle statis dan mobile bersifat teguran serta tidak diperkenankan melaksanakan gakkum lantas secara stasioner.

Operasi Kepolisian Mandiri kewilayahan zebra 2022 dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2022 secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk Polda Sulsel ditetapkan 7 sasaran prioritas dijadikan sasaran penegak hukum yaitu pelanggaran yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban berat (meninggal dunia atau Luka berat) pada kecelakaan lalu lintas yaitu, pengemudi/pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi/pengendara yang masih dibawah umur, pengendara motor yang berboncengan lebih dari satu orang dan pelanggaran over dimensi atau over loading, pengemudi/pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan pengendara yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi/pengendara motor dalam pengaruh atau mengkonsumsi minuman beralkohol, pengemudi/pengendara motor yang melawan arus dan pengemudi/pengendara motor yang melebihi batas kecepatan.

Dalam penanganan pelanggaran tersebut dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran tertulis kepada pelanggar. Selain tindakan teguran juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas serta melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan karena sampai saat ini Covid-19 masih ada.

Diharapkan Operasi Zebra tahun ini dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan blackspot, trouble spot serta dapat meminimalisir fatalitas korban laka lantas.

Kapolda dalam sambutan tertulisnya juga menekankan kepada seluruh petugas pelaksana OPS Zebra 2022, bahwa selama pelaksanaan operasi agar dalam melaksanakan tugas di lapangan harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan SOP yang ada, hindari tindakan yang menjadi pemicu meningkatnya distrust sosial kepada Polri, khususnya lalu lintas dan lakukan tugas operasi Kepolisian secara profesional, prosedural dan terbuka dengan cara persuasif dan humanis.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pemasangan pita Operasi Zebra secara simbolis oleh Inspektur Apel kepada masing-masing perwakilan peserta apel.

Turut hadir pada apel gelar pasukan ini yakni Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, para anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Kasat Pol PP dan Damkar, Kadis Perhubungan, para pejabat perwira jajaran Polres Soppeng. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.