200 Tenaga Konstruksi Ikut Pembekalan dan Uji Sertifikasi 

oleh -49 Dilihat

200 Tenaga Konstruksi Ikut Pembekalan dan Uji Sertifikasi

Soppeng-makassarpena.com. bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng di Jl. 7 Wali-wali Watansoppeng, anggota Komisi V DPR RI, Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., MM, membuka secara resmi sekaligus memberikan materi Pembekalan dan Uji Sertifikasi 200 Tenaga Konstruksi Wilayah VI Makassar di Kabupaten Soppeng,
Kamis 8 September 2022.

Pembekalan dan uji sertifikasi tersebut berlangsung selama 2 hari, Kamis-Jum’at.
Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Ismail Abdul Muthalib, ST, MT, dalam sambutannya menyampaikan, tujuan pembekalan dan uji sertifikasi ini merupakan bagian dari penguatan kemampuan dan pengakuan terhadap tenaga konstruksi, memiliki kecakapan sehingga perlu diberikan sertifikat sebagai bukti skill dan konsentrasi yang dimiliki.

Uji sertifikasi melibatkan 200 pekerja tukang, akan berdampak pada semakin luasnya lapangan kerja yang memungkinkan mengutamakan keahlian melalui sertifikasi dengan spesifikasi tukang yang profesional.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kehadiran anggota Fraksi PPP DPR RI ini.

Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Dr. Ir. Yudha Mediawan, M. Dev. PLG, melalui saluran zoom memaparkan, kebutuhan tenaga konstruksi skala nasional cukup besar, tercatat hampir 8,5 juta tenaga konstruksi yang ada, hanya sekitar 10 persen yang tersertifikasi. Untuk itu, ia berharap peserta yang ikut dalam uji sertifikasi ini dapat mengikuti dengan baik sehingga menjadi tenaga konstruksi yang berkualitas dan tersertifikasi.

Bupati Soppeng diwakili Asisten I Pemkab Soppeng, Drs. Andi Makkaraka menyampaikan salam dan permintaan maaf atas ketidakhadiran Bupati.

“Selamat Datang Pak Aji Aras, terima kasih atas dukungan dan kehadirannya di Kabupaten Soppeng,” sambutnya.

Pihaknya mengharapkan, tenaga konstruksi di Kabupaten Soppeng yang bersertifikat terus bertambah, mulai dari tukang, mandor dan pelaksana bisa mendapatkan materi pengembangan kemampuan sehingga mendapatkan sertifikasi keahlian yang kemudian bisa menjadi tenaga prioritas untuk mendapatkan peluang pekerjaan di bidang konstruksi.

Anggota DPR RI terpilih dari Dapil Sulsel II, dicalonkan PPP pada Pemilu 2019, Dr. H. Muh. Aras, mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh mitra kerjanya. Sebagai wakil rakyat kelahiran Soppeng ini tentu dirinya bangga dan berharap apabila banyak warga yang berprofesi sebagai tenaga konstruksi banyak yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti uji sertifikasi keahlian di bawah Kementerian PUPR.

Araspun memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng yang senantiasa dengan terbuka bersedia menerima setiap program yang diturunkan selama ini.
Ia menganalogikan, kalau dirinya sebagai tukang jahit saja, memiliki hasil jahitannya. Begitupun dengan tenaga konstruksi.

” Tukang jahit, ada hasil jahitannya. Tukang bangunan, ada hasil bangunannya. Namun kualitas, jahitan dan bangunan selain ditentukan oleh pengalaman, pendidikan melalui sertifikasi pun bisa menjadi penentu. Karena dengan mengikuti program sertifikasi tentunya akan berdampak besar pada kualitas hasil kinerja,”kata Aras.

Secara resmi saya buka kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Konstruksi yang diselenggarakan oleh Wilayah VI Makassar di Kabupaten Soppeng ini.

” Kepada 200 peserta berkewajiban mengikuti instruktur pelatihan, sehingga mendapatkan ilmu yang maksimal,”ucap anggota DPR RI Fraksi PPP kelahiran Soppeng ini.

Dalam acara tersebut, terlihat hadir anggota DPRD Kabupaten Soppeng Mursalim, Kepala Bidang Bina Teknik dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Soppeng Nurwan ST, MT, Tenaga Ahli DPR RI, Hamka Anas, dan Tim Sahabat Aras, koordinator Masykur Thahir. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.