Kerjasama Pemkab Pinrang Gelar Sekolah Lapang Geofisika

oleh
oleh

 

Kerjasama Pemkab Pinrang Gelar Sekolah Lapang Geofisika

Pinrang-makassarpena.com. Stasiun Geofisika Gowa menggandeng Pemerintah Kabupaten Pinrang menggelar Sekolah Lapang Geofisika untuk mengedukasi masyarakat agar sadar akan bahaya dan mitigasi bencana.

Kegiatan tersebut digelar di MS Hotel, Rabu (13/7/2022) menghadirkan elemen masyarakat terkait mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami.

Dalam laporannya, Kepala Stasiun Geofisika Gowa Rosa Amelia,S.Si mengungkapkan, kegiatan ini pada dasarnya dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terkait kesiap-siagaan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami.

Selain di isi dengan penyampaian paparan dan diskusi terkait potensi kegempaan dan tsunami, kegiatan ini juga akan di isi dengan sesi simulasi dalam ruangan yang mensimulasikan terjadinya gempa bumi M 7.5.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi yang hadir secara virtual mengungkapkan, Kabupaten Pinrang dipilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan Sekolah Lapang Geofisika ini karena Pinrang dianggap sebagai salah satu wilayah yang rawan.

Dirinyapun meminta masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam mengurangi dampak jika bencana gempabumi dan tsunami terjadi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang Ir.Budaya yang hadir mewakili Bupati Pinrang membuka kegiatan ini mengungkapkan, Kabupaten Pinrang yang memiliki garis pantai sepanjang 97 KM harus bersyukur karena kegiatan Sekolah Lapang Geofisika dilaksanakan di Kabupaten Pinrang.

Selain sebagai upaya edukasi lanjutnya, kegiatan ini juga diharapkan mampu membangun sikap kesiapsiagaan dan para peserta dapat menjadi edukator bagi masyarakat lainnya dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami.

“Kegiatan ini diharapkan bermanfaat dan dapat mengurasi dampak dan resiko bencana gempa bumi dan tsunami,” ujarnya. (ys)

No More Posts Available.

No more pages to load.