,

Kolaborasi Hebat! Kumham Muda dan LPKA Maros Wujudkan Inklusi Sosial Mental Anak Binaan

oleh

TAKALAR, MAKASSARPENA – Kumham Muda (KM) tak henti-hentinya terus melakukan kolaborasi dan bersinergi aktif dengan berbagai pihak guna menghadirkan dampak positif kepada berbagai kelompok masyarakat.

Usai sukses menyelenggarakan KM Mengajar Chapter Banten melalui sosialisasi dampak bullying dengan menyasar pada siswa/siswi di SMP Islam Terpadu (IT) di Ternate dan penyuluhan hukum bagi Pekerja Migran Indonesia dalam rangkaian KM Mengajar Chapter Banten, KM kembali berkolaborasi dengan Pegadaian Peduli dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Maros untuk melaksanakan agenda KM Mengajar di Wilayah Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kumham Muda meyakini bahwa tidak ada satupun Anak Binaan yang pernah membayangkan bahwa dirinya akan menjalani kehidupan di balik tembok. Namun, Anak Binaan di dalam LPKA pasti berusaha melakukan visualisasi dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik untuk dirinya kelak.

Menyadari akan pentingnya penguatan karakter dan penguatan mental bagi kelompok inklusif, Kumham Muda hadir menyapa Anak Binaan di LPKA Maros melalui program KM Mengajar.

Mengusung tema, “Penguatan Kesehatan Mental Anak Binaan; Langkah Bersama Wujudkan Inklusi Sosial”, KM Mengajar Chapter Makassar dihelat pada Sabtu (28/9) di Aula LPKA Maros dengan harapan mampu meningkatkan kesehatan mental anak binaan dan mendorong kesadaran publik mengenai urgensi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup yang positif bagi kelompok inklusif.

Sebanyak lima puluh orang anak binaan dengan kompak menggelorakan tagline “Mental sehat untuk calon generasi hebat“. Energi dukungan emosional dari fasilitator disalurkan melalui tiga sesi materi yang diterima dan diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh antusias.

Penguatan Kesehatan Mental terhadap anak binaan yang terlaksana di balik tembok LPKA Maros ini bertujuan agar anak-anak binaan dapat menemukenali dirinya secara mendalam, merencanakan mimpi masa depannya, dan memvalidasi emosinya.

KM Mengajar Chapter Makassar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menuju agenda puncak Kumham Muda (KM) Fest 2024, yang akan dihelat di Jakarta pada 28 Oktober mendatang. Kepala LPKA Maros, Syarpani, sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak KM, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan KM Mengajar yang diselenggarakan oleh Kumham Muda Kolaborasi seperti ini sangat penting untuk memberikan pemahaman hukum dan pembinaan mental bagi Anak Binaan di LPKA Maros.

Kami berharap kegiatan ini memiliki tindak lanjut dan dapat memberikan dampak positif bagi mereka dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,” ujarnya saat membuka agenda kegiatan pada pagi hari itu.

Melalui beragam program inisiatif, seperti penyuluhan dan edukasi kepada berbagai kelompok masyarakat, Kumham Muda berharap dapat terus memberikan dampak positif dengan melaksanakan berbagai agenda sosialisasi terkait isu-isu yang relevan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Terakhir, Kumham Muda juga mengharapkan kedepannya sinergi dapat terus terjalin dengan LPKA Maros sehingga upaya wujudkan pemenuhan dan perlindungan HAM bagi Anak Binaan dapat terus ditingkatkan. Kumham Muda, semangat untuk memberi dampak. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.