Warga Perumahan Green River View Keluhkan Krisis Air Bersih

oleh
oleh

Warga Perumahan Green River View Keluhkan Krisis Air Bersih

Makassar-makassarpena.com. Warga perumahan Green River View (GRV) Makassar hingga saat ini masih menuntut keadilan mendapatkan pasokan air bersih bagi penghuni cluster.

Setelah sekian kali melakukan aksi demontrasi ke pengelola (GMTD) Makassar namun tak digubris, maka warga menumpahkan curahan hatinya kepada Wali Kota Makassar, Muh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto di kediamannya di jalan Amirullah Makassar, Jumat (16/8/2024) kemarin.

Dari pertemuan itu, Wali Kota Makassar mengatakan sangat prihatin dengan kondisi warga GRV yang diperlakukan tidak manusiawi.

“Sebagai pemerintah Kota Makassar, saya sangat sedih dan prihatin dengan kondisi warga GRV yang mengalami krisis air bersih serta diperlakukan tidak manusiawi oleh pihak perusahaan yang mengelola dan mengalirkan air tidak layak, kotor dan asin,” ujar Danny.

Hal ini kemudian berdampak lebih jauh dengan munculnya penyakit kulit yang diakibatkan penggunaan air tidak layak tersebut.

Dari hasil pertemuan itu, Danny Pomanto kemudian memberi jalan keluar agar ke depan PDAM Makassar bisa mengalirkan air bersih ke GRV.

“Karenanya Pemerintah Kota Makassar akan meminta pihak GMTD untuk segera menyerahkan WTP ke PDAM dengan melakukan perhitungan (pembelian) nilai investasi,” kata Danny.

Kedua, warga diminta melaporkan kondisi kualitas air ke Ekoregium Kementerian LHK melalui Dinas LHK Kota Makassar dan sebagai bentuk tindak pidana kejahatan.

Serta ketiga, untuk mengatasi krisis air, PDAM akan mensupplay air ke warga GRV melalui reservoar dan pembuatan belalai.

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, warga GRV menggelar rapat pada tanggal 16 Agustus 2024 yang menghasilkan keputusan sebagai berikut :

Melakukan koordinasi dan konsultasi secara berkala kepada Dinas LHK Kota Makassar terkait laporan ke Gakkum KLHK.

Mengintensifkan gerakan menuntut GMTD untuk segera menyerahkan pengelolaan air ke PDAM baik secara langsung ke Direksi GMTD maupun gerakan di udara (media sosial)

Pendataan warga untuk dibawa ke PDAM, P.J Persuratan Pak Sul dan dikoordinir oleh Ibu Sri Jati.

Pembayaran air dari bulan Agustus-Oktober 2024 digratiskan atau sampai air PDAM masuk, dan BPL ditangguhkan 3 bulan (tetap masuk tagihan dikemudian hari).

Dengan langkah-langkah ini, warga berharap akan bisa menikmati air bersih yang layak mengingat perumahan ini bisa dikategorikan salah satu kompleks perumahan mewah di Makassar. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.