OSN Kabupaten Pangkep 2024 di SMP Negeri 2 Pangkajene

oleh
oleh

OSN Kabupaten Pangkep 2024 di SMP Negeri 2 Pangkajene

Pangkep-makassarpena.com. Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pangkep berlangsung di SMP Negeri 2 Pangkajene Jalan Andi Mauraga, pada Rabu 20 Mei 2024.

Panitia kegiatan yang dilaksanakan secara online yang pada hari ini di Ketuai Kabid SMP Hasbullah ST, diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Karakter Peserta Didik Hj Rahmatiah, S.Sos melalui Staf yang menangani seksi kegiatan minat bakat Yugi menyampaikan, bahwa kegiatan ini telah dibuka bersamaan dengan serangkaian kegiatan sejak pembukaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten Pangkep di Tribun Alun-Alun Lapangan Citra Mas pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 2 Mei 2024.

“OSN diikuti seluruh sekolah se Kabupaten Pangkep bagi mereka yang mendaftar melalui akun di portal BPTI yang sudah disebarkan ke sekolah-sekolah dengan 3 cabang lomba mata pelajaran yakni, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Matematika diadakan di tiga kelas berbeda dan direncanakan berlangsung sampai dengan besok terhitung dua hari sejak hari ini,” lanjutnya.

Menurut Yugi, pihaknya akan mengumumkan juara 1  sampai dengan juara 5 untuk semua mata pelajaran dan yang akan mewakili Kabupaten Pangkep hingga ke Tingkat Provinsi dan Insya Allah bakal ke Tingkat Nasional yang hanya untuk juara 1 dan juara 2 untuk tiap mata pelajaran yang dilombakan.

“Hasil yang diharapkan terselenggaranya seleksi peserta OSN cabang lomba matematika IPA dan IPS, agar terpilih calon peserta olimpiade sains nasional tingkat kabupaten untuk ikut sertakan ke tingkat provinsi dan terseleksinya pemenang OSN untuk diikutsertakan ke tingkat nasional,” ujarnya.

Ia juga mengatajan agar terpilih peserta didik terbaik dari OSN yang akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional dan terciptanya basis data nasional dalam bidang sains.

Ditambahkan Yugi kegiatan ini tujuannya, 1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SMP atau sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di cabang lomba matematika IPA dan IPS. 2. Memotivasi peserta didik SMP atau sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual emosional dan intelektual berdasarkan norma-norma dan tata nilai yang baik. 3. Mendorong peserta didik SMP atau sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan cabang lomba matematika IPA dan IPS dalam kehidupan sehari-hari. Ke 4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran matematika IPA dan IPS di SMP atau sederajat.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pangkajene Drs. H Alimuddin, M.Pd sebagai tuan rumah mengatakan, SMP Negeri 2 Pangkajene ditunjuk sebagai tuan rumah sebab salah satunya sekolah yang memenuhi standar untuk pelaksanaan OSN di Kabupaten pangkep ini sebab didukung dan memiliki laboratorium komputer yang mencukupi atau memadai.

“Sebagai tuan rumah kami dengan bangga dan menerima dengan senang, serta sangat mendukung karena mengingat bahwa pelaksanaan olimpiade sains nasional ini sangat penting dan bahkan sangat berharap pada siswa-siswi dari Kabupaten Pangkep bisa berprestasi sampai ke tingkat nasional bahkan internasional,” harapnya.

Ditambahkan Alimuddin, kami mendukung kegiatan ini karena peningkatan kompetensi di bejana akademik itu sangat diharapkan perkembangannya di Kabupaten Pangkep, sehingga setiap sekolah diharapkan pada wakil dari sekolahnya untuk bersaing dalam kompetisi olimpiade sains nasional ini. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.