Puskesmas Bungoro Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di SMP Negeri 2 

oleh
oleh

Puskesmas Bungoro Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di SMP Negeri 2

Pangkep-makassarpena.com.  Screening atau pemeriksaan kesehatan berkala sekalian deteksi penyakit jiwa dini, dan pembagian tablet tambah darah untuk siswa putri tiap hari Jum’at dari Puskesmas Bungoro dibantu para petugas dari Pustu Sela.

Screening atau pemeriksaan meliputi mata, telinga, berat badan dan tinggi badan untuk siswa kelas 8 di ruang kelas SMP Negeri 2 Bungoro Sela, Desa Mangilu Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan pada Selasa (5/3/2023).

Personil petugas Puskesmas Bungoro yang datang dengan 6 orang dipimpin oleh drg Ika Pratiwi dibantu oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bungoro Mufliha, S.Pd, M.Pd beserta segenap jajaran guru.

” Pemeriksaan ini akan dilakukan secara berkala, dua kali dalam setahun. Kami berharap dengan pemeriksaan tingkat keparahan sakit gigi atau lubang gigi dapat berkurang,” terangnya.

Kepsek SMPN 2 Bungoro Mufliha mengatakan, dengan adanya pemeriksaan kesehan ini anak-anak bisa terjaga kesehatannya, apalagi penglihatan.

“Kan ada biasanya anak-anak yang pendek penglihatannya, sudah tidak bisa membaca dengan jarak tertentu,” ungkapnya.

Ditambahkan mufliha, juga di sini dilaksanakan pemberian tablet tambah darah untuk siswa putri dari Puskesmas Bungoro dibantu oleh Pustu Sela.

Dipaparkan drg Ika Pratiwi, kami dari tim penjaringan kesehatan dari Puskesmas Bungoro melakukan pemeriksaan kesehatan hari ini untuk anak kelas 8, di mana pada pemeriksaan ini sudah dilakukan di tahap kedua. Sebelumnya, anak-anak pada kelas 1 juga sudah dilakukan pemeriksaan.

” Kami berharap dengan pemeriksaan ini anak-anak mendapatkan pengetahuan lebih tentang bagaimana cara membersihkan, menjaga kesehatan dirinya, terutama pemeriksaan kulit, pemeriksaan gigi, kemudian pemeriksaan kesehatan mata,” ujarnya dr. Ika.

dr. Ika Pratiwi berharap dengan pemeriksaan ini, anak-anak sudah tahu apa penyakit gigi, bagaimana penyebab terjadinya lubang gigi dan bagaimana pencegahannya.

Begitupun dengan pemeriksaan kesehatan mata, diharapkan anak-anak tahu bagaimana tingkat kesehatan matanya dengan harapan penggunaan ponsel di rumah itu berkurang atau dikurangi.

” Bagi anak-anak yang mendapatkan gangguan sebaiknya diarahkan untuk melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat, dan harapan kami anak-anak di rumah dapat mengurangi pemakaian gadget,” tutup dr. Ika. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.