PPS Desa Gentung Lantik Para Anggota KPPS

oleh
oleh

PPS Desa Gentung Lantik Para Anggota KPPS

Pangkep-makassarpena.com. Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menggelar pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di kantor desa tersebut pada, 25 Januari 2024.

Pelantikan ini merupakan bagian dari pelantikan KPPS serentak seluruh Indonesia yang berlangsung di lingkup Panitia Pemungutan Suara PPS masing-masing bersangkutan.

Pengambilan sumpah pelantikan anggota KPPS ini dilakukan oleh Ketua panitia pemungutan suara PPS Desa Gentung Cicing dengan didampingi Rohaniawan desa tersebut.

Usai pengambilan sumpah dilakukan penandatanganan berita acara oleh Ketua PPS dan para perwakilan KPPS yang barusan dilantik dan pembacaan serta penandatanganan pakta integritas.

Hadir Kepala Desa Gentung Hj. Kamariah, Ketua PPK Kecamatan Labakkang A. Azis Nompo, Ketua Panwaslu Labakang M. Rusli, Ketua PPS Desa Gentung Cicing, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

Dalam sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum yang dibacakan oleh Ketua PPS Desa Gentung Cicing, KPPS sangat penting peranannya sebagai penyelenggara pemilu sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara TPS pada hari ini Kamis tanggal 25 Januari 2024 dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71 000 titik.

“Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan,” lanjutnya.

KPU menyadari dampak signifikan terhadap kelestarian alam, KPU memandang penting penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Pelantikan secara serentak ini mendapat penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia (MURI) untuk 3 kategori rekor yaitu pelantikan secara serentak anggota penyelenggara Pemilu terbanyak bimbingan teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara Pemilu terbanyak dan penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu.

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada tujuh orang anggota KPPS yang berbeda dengan pemilu Pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada satu orang anggota KPPS.

“Kami berharap agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan kode etik penyelenggara Pemilu bekerja secara profesional berintegritas bertanggung jawab dan transparan demikian juga anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.,” jelasnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Gentung Hj. Kamariah menyampaikan kepada seluruh anggota KPPS yang baru dilantik kiranya benar-benar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagaimana dimaksudkan dari tujuan dan harapan pelantikan KPPS pada hari ini.

“Kami berharap kiranya kita semua dapat bekerja sama dalam sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawab kita masing-masing semoga kita semua bisa sukses aman damai tertib dan lancar dalam berkah serta diridhoi olehNya, Aamiin,” tutupnya. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.