Lulus Penataran, Pelatih dan Wasjur Pikul Beban Berat

oleh
oleh

Lulus Penataran, Pelatih dan Wasjur Pikul Beban Berat

Pinrang-makassarpena.com. Puluhan pelatih dan wasit juri (Wasjur) yang lulus pada penataran pelatih dan wasit juri Pencak Silat diberi beban tanggung jawab yang berat.

Ketua IPSI Kabupaten Pinrang Abdul Wahid Nara mengatakan, pelatih dan wasit juri dari berbagai perguruan Pencak Silat yang ada di Pinrang dan dinyatakan lulus pada penataran yang digelar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dibebankan tanggung jawab yang berat.

” Pelatih yang lulus penataran, dibebankan untuk menyediakan pesilat pesilat handal di perguruan silat masing masing untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Pinrang,” ” kata Wahid saat menutup penataran pelatih dan wasit juri tingkat Kabupaten Pinrang di gedung Andi Makkulau, Senin 22 Januari 2024.

Penataran pelatih dan wasit juri yang berlangsung 21-22 Januari 2024 itu diikuti wakil perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putra Muhammadiyah ( TSPM), Olahraga Ilmu Silat Sabdha Alam, Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT), perguruan Silat Meong Palo, IKSPI Kera Sakti, Margaluyu 151, Seni Beladiri Pencak Silat Nur Irsyad, dan Persinas Asad.

Karena kabupaten Pinrang , lanjut Wahid Nara , memiliki banyak bibit bibit pesilat yang potensial, yang dapat dibina secara berkesinambungan. Sehingga lahir pesilat pesilat yang dapat berkiprah baik di level provinsi, nasional dan bahkan di tingkat dunia.

Hal ini kata dia, beberapa pesilat Pinrang ,sudah membuktikan dan berjaya di tingkat internasional.

Wahid menambahkan, pelatih dan wasit juri yang selesai mengikuti penataran, juga dituntut untuk terus mengembangkan diri dengan perkembangan ilmu kepelatihan dan perwasitan yang terus berkembang seiring dengan kemajuan olahraga. Apalagi wasit juri dituntut untuk profesional saat bertugas di gelanggang, di kejuaraan mana pun.

Olehnya itu lanjut dia, peningkatan kualitas seorang wasit juri sangat dibutuhkan .

Ketua panitia Zainal mengatakan, sasaran penataran pelatih dan wasit juri ini adalah menciptakan pelatih yang mampu mengelola dan membina bakat bibit pesilat di perguruan masing masing. Dan ke depan, akan lahir pesilat mumpuni dari berbagai perguruan yang ada di Pinrang.

Dan Pinrang kata dia, akan menjadi lumbung atlet silat yang berbakat. (ys)

No More Posts Available.

No more pages to load.