Kerjasama Unhas Makassar Dan Distan Pangkep Gelar Perawatan Hewan Gratis

oleh
oleh

Kerjasama Unhas Makassar Dan Distan Pangkep Gelar Perawatan Hewan Gratis

Pangkep-makassarpena.com. Implementasi kerjasama program studi paramedik veteriner fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Dinas Pertanian Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan pada Sabtu 16 Desember 2023.

Kerjasama dengan menggelar beragam program pemeriksaan kesehatan hewan, pemberian obat cacing dan kastrasi pada kucing jantan melayani hewan kucing peliharaan warga masyarakat se Kabupaten Pangkep dan sekitarnya dengan gratis.

Dari pihak jajaran Fakultas Vokasi dipimpin dr. Fadlullah Mursalim sementara dari pihak Dinas Pertanian yang menyambut dipimpin oleh Kepala Bidang Darmawati dari Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep.

Jalannya program yang berlangsung sukses, lancar, aman dan tertib tersebut sempat melayani puluhan kucing dari berbagai jenis dan dari golongan usia, mendapat sambutan dari warga masyarakat pemilik hewan peliharaan kucing ini.

Sebagaimana diungkap Hana Okta Dwiputeri salah seorang pemilik kucing peliharaan ini, mengatakan senang dan mengapresiasi program kerjasama Unhas dan pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian.

Menurutnya program ini sangat membantu warga masyarakat yang dapat meringankan beban dan memudahkan warga pemilik kucing peliharaan di dalam merawat dan menjaga kesehatan kucing peliharaannya.

Menurut pendamping Tim Zainal Abidin Kholilullah dosen tetap Fakultas Vokasi dan Kedokteran Unhas bahwa, sasaran dan tujuan dari kegiatan hari ini adalah pengabdian pada masyarakat.

“Dalam memelihara kucing-kucing mereka selama ini banyak orang nggak tahu harus ke mana, maka kita lakukan pemeriksaan kesehatannya, memberi obat cacing dan kalau ada yang butuh disterilisasi untuk hewan jantan,” jelasnya.

Katanya, kita laksanakan kegiatan ini di Pangkep pertama adalah dasarnya bahwa saat ini masyarakat sudah cenderung banyak kucingnya, namun banyak pemilik hewan pemelihara ini yang bingung harus bawa ke mana kucingnya atau kemudian bagaimana cara merawatnya.

” Saat ini kami datang untuk memberikan informasi ke pemilik kucing bagaimana merawat kucing-kucing mereka, kemudian bagaimana menangani kalau ada kasusnya,” lanjutnya.

Program studi baru Paramedik Veteriner Fakultas Vokasi Unhas katanya, kita adakan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat bahwa sudah ada namanya program studi itu. Kita bantu memasyarakatkan semua ke masyarakat.

Ditambahkan Zaenal, kendala yang dihadapi di sini adalah ternyata banyak kucing yang belum terawat dengan baik, atau kurang terawat.

Kabid Darmawati mengungkapkan, kami dari pihak Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep menyambut program ini dan memberi apresiasi dengan adanya kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep bersama dengan program studi Paramedik Veteriner Fakultas Vokasi dari Unhas.

“Semoga dengan melalui program pemeriksaan kesehatan hewan dan pemberian obat cacing serta kastrasi pada kucing jantan, mudah-mudahan ke depan ini semakin menjadi kebanggaan bagi peternak-peternak hewan kesayangan atau peliharaan,” tutupnya. (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.