Desa Tabo-tabo Lestarikan Adat Budaya Tanah Bugis 

oleh
oleh

Desa Tabo-tabo Lestarikan Adat Budaya Tanah Bugis

Pangkep-makassarpena.com. Dalam rangka melestarikan adat dan budaya tanah Bugis yakni acara Mappadendang diselenggarakan acara pesta rakyat Mappadendang oleh Pemerintah Desa Tabo-tabo Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan tahun 2023 di lapangan sepak bola Tabo-tabo pada Kamis 15 Juni 2023.

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala dinas kesehatan Dr. Hj NILAL FAUZIAH beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Dirut RSUD TAKALAR Dr. RUSLAN RAMLI, Amd.Kes beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan RIFANY, S.Ip., M.Si mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Bidang DIKDAS RAKMADI, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64

Hari Jadi Takalar Ke-64

Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan SELAMAT HARI JADI TAKALAR KE-64.

Acara pesta rakyat padendang melibatkan parah toko adat Desa Tabo tabo, agamawan, para kelompok Padekko Lesung/Alu Mappadendang, Paccule Beppa, Passepe Api (Papepe pepe), kelompok pencak silat, kelompok Tendong-tendong gambus dan kecapi, Tari Paduppa dan tari Padendang dari sanggar Tari Mappatuwo Tabo Tabo, yang didatangkan dari berbagai tempat di Kabupaten Pangkep dan sekitarnya yang diikuti oleh perwakilan Forkopimda, OPD, Forkopimca dan seluruh unsur lapisan masyarakat Desa Tabo-tabo.

Nampak hadir diantaranya Tenaga Ahli Bupati Pangkep Rizaldi Parumpa wakili Bupati, anggota DPRD Kabupaten Pangkep Muh. Reski Darmawansyah, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangkep Darmawati SP wakili Kadis, Danramil Bungoro Muhammad Tahir, Wakapolsek Bungoro Jamaludin, Kepala Puskesmas Bungoro H. Darwis, Kepala Desa Tabo tabo dan Ketua Panitia Umar beserta seluruh jajaran, serta segenap staf perwakilan Kecamatan Bungoro.

Dari rentetan acara yang dimulai dengan tari paduppa dilanjutkan dengan pembukaan serta pembacaan ayat suci Alquran oleh Alfian H. Ismail (Qori juara 1 hifzil Quran STQH tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Selayar dan akan mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat nasional di provinsi Jambi) serta pembacaan doa oleh Ust. Armin.

Selanjutnya usai laporan ketua panitia dan sambutan-sambutan yang dilanjutkan dengan pembukaan acara Mappadendang yang ditandai dengan pemukulan Lesung/alu, memasuki acara inti dengan penampilan ganrang musik tradisional tendong-tendong diiringi gambus dan kecapi, lanjut kemudian dengan persembahan tari padendang dari sanggar Mappatuwo, kemudian penampilan padendang bersama paccule beppa disertai pagelaran pencak silat dan padendang passepe api serta kegiatan lainnya hingga penutup.

Sebagaimana dilaporkan oleh ketua panitia Umar bahwa tujuan diadakannya acara Mappadendang ini yaitu untuk melestarikan tradisi sebagai bentuk rasa syukur kita sebagai masyarakat petani atas hasil panen kita serta menjalin dan mempererat tali silaturahmi.

Sumber dana yang digunakan berasal dari ADD dan partisipasi beberapa pihak diantaranya anggota DPRD Kabupaten Pangkep Muh Reski Darmawansyah, PT. Gunung zmarmer raya, PT. Gunung Kapur Generasi Mandiri, dan Bag. Umum Pemkab Pangkep.

Sementara Kepala Desa Tabo-tabo Chairil Anwar mengatakan, acara pesta rakyat Mappadendang ini sudah menjadi tradisi syukuran dan silaturahmi tiap tahunnya yang sudah berlangsung sejak lama dan terus kami upayakan untuk dilestarikan.

Olehnya Kades Chairil mengajak kepada seluruh warga dan lapisan masyarakat kiranya acara Mappadendang ini kita jadikan sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja dan hasil panen kita semakin baik dalam berkat dan rahmat Allah SWT.

Sambutan Bupati Pangkep dalam hal ini  diwakili oleh tenaga ahli Bupati Ir H Rizaldi Parumpa,
Mudah-mudahan kegiatan seperti ini di samping kita syukuran, kita melestarikan budaya kita budaya Mappadendang yang orang-orang tua dulu melaksanakan kegiatan ini setiap pesta panen dilaksanakan dan alhamdulillah kegiatan itu sudah dilaksanakan oleh Kepala Desa Tabo-tabo Chairil.

Saking menarik semarak dan meriahnya acara kegiatan Mappadendang ini bahkan berulang kali para penonton diingatkan untuk tidak masuk ke dalam lapangan, namun penonton berulang kali terus saja sulit dikendalikan di lapangan kendatipun acara tetap berlangsung dengan sukses, ramai meriah, aman dan lancar.

“Pole ri cenning atinna kepala kampong’e assimaturukenna to matoa’e na puresoi kalloloe, mabbulo sibatang’i ana’ kampong’e purennui pammasena Puang Allahu Ta’ala na to pada situru ada pugau’i sere Padendang na’ ana ogi’e” (hamza)

No More Posts Available.

No more pages to load.