Polres Soppeng Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat  2023

oleh
oleh

Polres Soppeng Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat  2023

Soppeng-makassarpena.com. Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat  2023 Polres Soppeng
di halaman Mapolres Soppeng Senin, 17 April 2023.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Mudik Aman Berkesan, ditandai pemasangan pita operasi keselamatan Pallawa 2023 kepada masing-masing perwakilan TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP oleh Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE.

Kapolres Soppeng, AKBP Dr (C) H Muhammad Yusuf Usman SH, SIK, MT yang bertindak selaku pemimpin apel, sekaligus membacakan sambutan seragam Kepala Kepolisian Negara RI, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan,  Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara optimal melalui operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 Hari sejak 18 April – 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 – 16 April 2023 yang akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 – 9 Mei 2023.

Kata Kapolri, demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan Bapokting.

“Pastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri sehingga mempermudah proses pemeriksaan. Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan yang masih beroperasi di luar ketentuan maka segera lakukan penindakan,” tegas Kapolri dalam sambutan tertulisnya.

Lanjut dibacakan, perlu saya tekankan terkait permasalahan Laka Lantas. Optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personil dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. Di samping itu Ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi Tertib Berlalu Lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan. Apabila terjadi Lakalantas segera lakukan penanganan secara tepat untuk menolong korban serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah.

Berbagai langkah dalam operasi ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik sehingga  dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan begitu pula pada saat arus balik. Oleh karena itu terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, kedepankan langkah-langkah humanis, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi.

” Mari kita perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat 2023,” ujarnya.

Setelah pelaksanaan apel, juga dilakukan pemusnahan barang bukti hasil patroli rutin anggota Polres Soppeng berupa Miras Pabrikan, Miras Oplosan, makanan kadaluwarsa, dan kosmetik ilegal oleh Bupati Soppeng turut didampingi Ketua DPRD Soppeng, para anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng. Kadis Kesehatan, Kasat Pol-PP dan Damkar, dan Kadis Perhubungan. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.