Upaya Stabilkan Harga, Pemkab Pinrang Gelar Operasi Pasar  

oleh
oleh

Upaya Stabilkan Harga, Pemkab Pinrang Gelar Operasi Pasar

 

Pinrang-makassarpena.com. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan daya beli masyarakat.

Salah satunya dengan menggelar operasi pasar di pasar sentral Pinrang. Seperti yang dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pinrang di pasar sentral Pinrang Kecamatan Wattang Sawitto, Rabu 22 Maret 2023.

Dalam Operasi pasar kali ini Asisten II Bupati Pinrang Abd.Rahman didampingi oleh Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf.Aris Barunawan,S.IP,M.IP, Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita,S.I.K yang diwakili Kasat Reskrim Iptu Ahmad Risal,S.E,M.M, bersama unsur Forkopimda melakukan kegiatan monitoring operasi pasar.

Dalam kesempatan tersebut Asisten II Bupati Pinrang juga berdialog dengan para pembeli dan pedagang di pasar sentral Pinrang terkait harga kebutuhan pokok.

Pemerintah Daerah melalui TPID akan terus melakukan operasi pasar di sejumlah lokasi untuk menekan harga kebutuhan pokok. Hal ini untuk menekan harga agar tidak memberatkan masyarakat.

Ia berharap dengan kegiatan ini harga kebutuhan pokok khususnya beras dapat ditekan.

Menurut Asisten II Bupagi Pinrang ini, operasi pasar yang dilakukan hari ini merupakan rangkaian dari sejumlah langkah nyata yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah melalui TPID dengan melibatkan berbagai stakeholder untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Pihaknya berharap agar harga bahan pokok dan kebutuhan pokok lainnya dapat normal dan tidak melambung tinggi. Dalam operasi pasar ini pihaknya juga mengecek harga berbagai bahan pangan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengendalikan harga dan inflasi.

“Kegiatan ini sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri dalam setiap rapat koordinasi yang dilakukan setiap Senin, kita berharap agar hal ini dapat mengendalikan harga kebutuhan pokok di pasar sehingga tidak memberatkan masyarakat,” tutur Asisten II.

Sementara itu Kepala Dinas Perindag menjelaskan, operasi pasar merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan harga komoditas yang berpotensi naik jelang bulan suci ramadhan.

Ia berharap agar kegiatan kegiatan ini memberikan dampak signifikan sehingga harga dapat terkendali. “Kita bersama-sama melakukan upaya untuk mengendalikan harga beberapa komoditas yang berpotensi merangkak naik,” katanya.

Kasat Reskrim Polres Pinrang Iptu Ahmad Rizal,S.E,M.M yang ikut mendampingi Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) mengatakan kami akan melakukan antisipasi terhadap pelaku yang melakukan upaya yang mengakibatkan kenaikan harga.

” Kami dari pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan agar harga pasar tetap stabil dan tidak mengalami kelonjakan harga,” ucap Kasat Reskrim. (ys)

No More Posts Available.

No more pages to load.