Akibat Banjir, Sebanyak 1.869 Jiwa Warga Mengungsi

oleh
oleh

Akibat Banjir, Sebanyak 1.869 Jiwa Warga Mengungsi

Makassar-makassarpena.com. Hujan deras yang terjadi sejak Senin pukul 03.00 wita (13/02) hingga siang hari disertai naiknya permukaan air laut menyebabkan banjir di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Data dari Pusdalops BNPB menyebutkan wilayah terdampak berada di tujuh kecamatan, terdiri dari Manggala, Ujung Pandang, Rappocini, Mamajang, Tamalanrea, Biringkanaya, dan Makassar.

Akibat banjir tersebut sebanyak 554 KK dan 1869 jiwa mengungsi dan sebagaian besar dievakuasi di 21 titik pengungsian.

Kerugian material akibat banjir menyebabkan 554 unit rumah terendam. Selain itu luapan air menyebabkan genangan antara 50 cm hingga 100 cm, sehingga akses dan aktivitas warga menjadi terganggu karena kendaraan tak bisa melintas.

Upaya penanganan bencana banjir dilakukan oleh Tim BPBD Kota ke lokasi kejadian membantu mengevakuasi warga dan barang-barang serta melakukan pendataan rumah terdampak dan kebutuhan mendesak

BPBD Kota Makasar melaporkan pada Senin (13/02) banjir sudah berangsur surut namun cuaca masih hujan.

Prakiraan cuara per 14 sampai 15 Februari 2023 Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca Kota Makasar didominasi cuaca hujan berawan pada siang hari, dan hujan pada malam hari.

Mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk selalu waspada dan siaga. Pastikan saluran drainase bekerja optimal dan perkuat jejaring peringatan dini tingkat komunitas. (bnpb)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.