Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

oleh
oleh

Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, di Stadion H. A. Wana Laburawung, Kelurahan, Lapajung, Kecamatan Lalabata, Jumat, 10 Februari 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng Makmur Herial, S. Hut, Mp, mengatakan, tema peringatan HPSN tahun 2023 ini “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

” Dengan tema ini mengingatkan kita tentang adanya potensi nilai ekonomi yang dimiliki oleh sampah bila dikelola dengan baik melalui kegiatan pemilihan sampah dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang sehingga dapat bernilai ekonomi,” ujarnya.

Kegiatan ini lanjutnya,  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah serta memantapkan komitmen Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam aksi nyata penurunan emisi gas rumah kaca.

Dalam kegiatan ini, ikut terlibat dari segenap pegawai Lemerintah Kabupaten Soppeng, instansi vertikal pemerintah, BUMN/BUMD, Badan Usaha Milik Swasta, pemerhati lingkungan dan masyarakat Kabupaten Soppeng.

Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng Drs. H. A. Tenri Sessu, M. Si dalam sambutannya menjelaskan, Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN diperingati setiap tahunnya sebagai momentum agar kita semakin baik dalam mengelola sampah dan mampu meningkatkan kepedulian dan komitmen kita bersama untuk menyikapi sampah dengan lebih baik.

Pelaksanaan rencana aksi ini menitikberatkan pada pengelolaan sampah dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca 41persen yang menjadi target nasional.

Penyelenggaraan HPSN 2023 berfokus pada pengelolaan sampah melalui kegiatan bulan peduli sampah nasional selama bulan Februari yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencapai target zero emisi pada tingkat nasional dan daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, dunia usaha serta elemen masyarakat.

Pengolahan sampah adalah kewajiban kita bersama sebagai penghasil sampah, oleh karena itu kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta meningkatkan kerjasama dalam upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan mengingat pentingnya arti kegiatan ini.

Untuk itu, selaku Pemerintah Daerah saya menghimbau agar seluruh SKPD para Camat serta seluruh Lurah dan Kepala Desa untuk masing-masing melakukan kegiatan aksi peduli sampah dan melaporkan aksi tersebut.

Semoga momentum peringatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita semua terhadap pengolahan sampah.

Acara dilanjutkan pemilahan sampah secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng turut didampingi Plt. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng.

Turut hadir, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, para anggota Forkopimda Kabupaten Soppeng, para Staf Ahli, Asisten Setda Kabupaten Soppeng, para Kepala SKPD, para Kepala Bagian Setda Kabupaten Soppeng, dan para pimpinan BUMN/BUMD. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.