BKPSDM Soppeng Gelar Sosialisasi Peraturan Menteri PAN RB

oleh
oleh

BKPSDM Soppeng Gelar Sosialisasi Peraturan Menteri PAN RB

Soppeng-makassarpena.com. Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Workshop Pengelolaan Tekhnis dan Penyelesaian Permasalahan Kenaikan Pangkat Periode 01 April 2023 kerja sama Pemerintah Kabupaten Soppeng dan kantor Regional IV BKN Makassar
di Hotel Novotel Makassar Kamis, 09 Februari 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Soppeng

Kepala BKPSDM Kabupaten Soppeng, Hj.A.Maria Razaks dalam laporannya menyampaikan Dasar Pelaksanaannya adalah
UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Republik Indonesa Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Republik Indonesa Nomor 17 Tahun 2020 atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesa Nomor 12 Tahun 2002 tentang perubahan atas PP Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2022 tentang Dokumen Penilaian Kinerja Dalam Usul Penetapan Persetujuan/Pertimbangan Teknis Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Sedangkan tujuan kegiatan ini katanya, untuk menyikapi dan memberikan informasi kepada ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng terkait adanya perubahan Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja ASN serta untuk mempercepat penyebaran informasi kebijakan baru tersebut, karena secara resmi penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) harus segera disesuaikan oleh seluruh ASN.

Sosialisasi ini diikuti sebanyak 172 orang terdiri dari para Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kasubag Perencanaan Pelaporan dan Keuangan, Kepala Sekolah/Guru serta masing masing tenaga teknis dari 35 SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng yang akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 11 Februari 2023.

Adapun yang menjadi pemateri yakni, Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Kepala Subbagian Kepegawaian dan Pengelolaan Kinerja, Auditor Kepegawaian Muda.

Diakhir laporan disebutkan bahwa pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng terdapat 507 berkas usulan kenaikan pangkat yang diterima melalui aplikasi Sistem Informasi Kenaikan Pangkat (SIPAKAT) dan setelah di verifikasi ada yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan saat ini diusulkan ke BKN melalui aplikasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara ( SI ASN).

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini di laksanakan untuk menyuarakan perubahan penyusunan penilaian kinerja yang awalnya mengacu pada Permenpan No.8 Tahun 2021 menjadi Permenpan No.6 Tahun 2022.

Penilaian kinerja dilakukan dengan sistem deskriptif sehingga kelak akan menghasilkan ASN yang memiliki kemampuan kompetensi skil pribadi dan bidang serta sasaran kinerja outputnya harus jelas, sehingga memberi dampak baik bagi OPD tentu hal tersebut tidak terlepas dari peran pimpinan yang sangat besar.

Diharapkan kepada para kepala OPD, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Fungsional bahkan semua staf harus lebih pro aktif tidak bermalas malasan dalam bekerja.

Diharapkan kepada seluruh ASN pintar pintar dalam mengatur keuangan mengingat tahun ini akan terjadi inflasi yang akan berdampak dalam perekonomian secara umum di Indonesia dan secara khusus di Soppeng, Ia juga menghimbau kepada seluruh peserta agar mengikuti sosialisasi dan workshop ini dengan sebaik baiknya dan sungguh-sungguh, mengingat sosialisasi ini sangat penting khususnya dalam pengukuran kinerja ASN.

Turut hadir Kepala Kantor Regional IV Makassar Ir.Agus Suriadi,M.Si beserta jajarannya dan Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.