Guna Memperoleh Data, Pemkab Soppeng Gelar Statistik Sektoral

oleh
oleh

Guna Memperoleh Data, Pemkab Soppeng Gelar Statistik Sektoral

Soppeng-makassarpena.com. Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Lingkup Daerah Kabupaten Soppeng Tahun Anggaran 2022 dilaksanakan Diskominfo Kabupaten Soppeng di Aula Kantor Gabungan DinasKamis, 1 Desember 2022.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kabupaten Soppeng, A. Ahmad Remil, S.Sos, MM, dalam laporannya menyampaikan, kalau penyelenggaran statistik sektoral yang dilaksanakan pemerintah dimaksudkan untuk memperoleh data mendalami survey, kompilasi produk administrasi dan cara lain sesuai dengan perkembangan iptek, yang dilaksanakan secara berkala dan sewaktu-waktu, sesuai kebutuhan wilayah survey statistik sektoral meliputi bagian atau seluruh wilayah Kabupaten Soppeng.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini, lanjut A. Ahmad melaporkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai hasil dari pembangunan sehingga menyebabkan data statistik dibutuhkan.

Dikatakan, beragam data dibutuhkan, memerlukan keterlibatan penyelenggara kegiatan statistik dari SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng. Kemajuan perkembangan iptek yang berdampak terhadap perkembangan kegiatan statistik. Perubahan di lingkungan strategi seperti era keterbukaan, meningkatnya persaingan pesat laju arus informasi statistik.

Penyelenggaraan statistik memerlukan data yang lebih memadai untuk dapat menyamai terhindarnya duplikasi, kemudahan akses oleh pengguna data, kepastian hukum bagi penyelenggara kegiatan statistik dan perlindungan kepada responden.

Dilaporkan juga, kalau kegiatan ini dihadiri pejabat/staf yang menangani data pada masing-masing SKPD, dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang. Narasumber yaitu Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng, Muhlis, S.E, M.Si.

Mewakili Bupati Soppeng Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng Drs. H. Andi Tenri Sessu, M. Si membuka secara resmi kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan, terkait penyelenggaraan statistik sektoral skala lingkup Pemerintah Daerah yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng.

Pemerintah Kabupaten Soppeng katanya, telah bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng, yang mana data statistik sektoral daerah adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Daerah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten Soppeng.

” Kita harus pahami bahwa tugas kita semua baik pejabat struktural, pejabat fungsional dan seluruh stakeholder yang berkepentingan terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Soppeng, apapun perencanaan kegiatan yang akan kita lakukan harus dimulai dari data statistik sektoral ini,” terangnya.

Karenanya, menurut A.Tenri Sessu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng yang telah melaksanakan kegiatan ini, dengan satu keyakinan bahwa proses pembangunan dengan menggunakan data statistik dengan angka atau apapun itu hasilnya dapat terlihat karena kegiatan dilakukan berdasarkan kondisi riil, jika dibandingkan dengan tidak menggunakan data.

Sementara Sekda Soppeng  yang mewakili Bupati, mengatakan bahwa setiap melakukan kegiatan maupun tugas aktivitas pokok lainnya, harus dimulai dari data sektoral ini.

“Mari kita mulai dari sekarang, dimana setiap melakukan suatu kegiatan maupun tugas aktivitas pokok lainnya, kita harus mulai dari data sektoral ini,” ajaknya. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.