Rakercab II Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Cabang Soppeng

oleh
oleh

Rakercab II Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Cabang Soppeng

Soppeng-makassarpena.com. Rapat Kerja Cabang (Rakercab) II Pengurus IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Cabang Soppeng berlangsung
di Triple 8 The Riverside Resort, Senin, 17 Oktober 2022.

Rakercab ini mengusung tema “Konsolidasi IBI Dalam Menghadapi Perkembangan Pelayanan KIA- KB dan Kesehatan Reproduksi Dimasa Pandemi Covid-19”.

Ketua Panitia, Sri Wahyulia dalam laporannya mengatakan, tujuan umum kegiatan ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan eksistensi IBI melalui konsolidasi organisasi.

Tujuan khususnya yaitu terlaksananya penyajian pembahasan dan evaluasi atas laporan pertanggungjawaban pengurus IBI, terlaksananya penyajian, pembahasan dan evaluasi atas laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan tengah periode Pengurus Cabang serta tersusunnya program rencana kerja IBI tingkat cabang yang berdasarkan kebijakan pengurus daerah IBI.  Terlaksananya pengambilan keputusan lain yang dianggap penting untuk perkembangan dan kemajuan organisasi serta tersusunnya rekomendasi Rakercab yang memuat isu-isu terkini.

Ketua IBI Cabang Soppeng Anida, S. ST., M. Adm. Kes dalam sambutannya bahwa, rapat kerja adalah wadah untuk mengevaluasi dan menyempurnakan rencana kerja ditengah periode kepengurusan serta menyiapkan usulan kegiatan di periode yang akan datang serta sebagai wahana konsolidari dan pembinaan kepada para anggota IBI. Oleh karena itu, perlu saya sampaikan juga bahwa mengingat visi/misi IBI yaitu menjadikan organisasi profesi yang handal dalam mewujudkan Bidan profesional berstandar global.

Berdasarkan hal tersebut menjadi pemikiran bagi kami profesi bidan bagaimana meningkatkan mutu pendidikan sehingga mutu pelayanan dapat berkualitas tentunya melalui kerjasama yang baik, meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan dan pelatihan baik secara formal maupun non formal.

Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh Bidan, mari kita bergandengan tangan untuk bersatu mewujudkan hal tersebut yang tentunya membutuhkan dukungan dari pihak lainnya terutama pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Perlu saya sampaikan pula bahwa jumlah Bidan yang ada di Kabupaten Soppeng sebanyak 630 orang terdiri dari Bidan yang berstatus PNS, magang dan tenaga sukarela yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Soppeng, sehingga diharapkan para Bidan yang ada untuk dapat memantau dan mengatasi masalah Stunting.

Untuk itu kami berharap Pemerintah Kabupaten dapat mendukung peningkatan pendidikan dan kualitas organisasi profesi mulai dari unit pelatihan dan keterampilan.

Harapan kami kedepan, agar kiranya Bidan yang masih berstatus tenaga sukarela dapat menjadi perhatian dan kemudian diangkat menjadi tenaga kontrak, mengingat besarnya kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan Bidan untuk dapat menjaga dan meminamilisir tingkat kematian ibu dan anak. Dengan melakukan pelayanan yang baik dan tanpa pamrih dengan selalu melaksanakan dengan niat yang tulus. Bersama Bidang mari menciptakan generasi yang berkualitas.

Pengurus IBI Daerah Provinsi Sulsel Hayati Anwar, S.S., M.Kes dalam sambutannya, atas nama Pengurus IBI Daerah Prov. Sulsel saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semuanya atas kesediannya dapat hadir memenuhi undangan kami. Terima kasih kepada Pengurus Cabang IBI Kabupaten Soppeng beserta seluruh jajarannya atas komitmennya yang telah memfasilitasi pelaksanaan rapat kerja ini yang melibatkan seluruh anggota IBI untuk berpartisipasi.

Ikatan Bidan Indonesia adalah organisasi profesi kesehatan yang pengelenggaraannya mengacu pada system yang telah diatur dalam Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang senantiasa disempurnakan dan diperbaharui menyesuaikan perkembangan organisasi yang dilaksanakan setiap 5 tahun.

Rapat kerja kepengurusan ini diperlukan evaluasi kegiatan dan meninjau kembali rencana kepengurusan yang akan datang melalui rapat kerja yang bertujuan untuk konsolidasi organisasi, mentaati peraturan AD/ART yang telah disepakati bersama. Adapun kegiatan lain yang dilakukan yaitu melakukan webinar, melakukan sidang organisasi untuk melaporkan kegiatan yang telah dilakukan masing-masing kepengerusukan dan menjalin silaturahmi antara anggota IBI dan stakeholders terkait. Selamat melaksanakan rapat kerja, tetap semangat karena kita sebagai garda terdepan dalam mengawal kesehatan ibu dan anak.

Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam Sambutannya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Rakercab ini. Saya pribadi tidak dapat berbuat apa-apa tanpa bantuan ibu-ibu Bidan yang merupakan orang yang berjasa di bidang kesehatan. Olehnya itu, mari kita sering berkumpul dan bersilaturahmi agar kita dapat meramu dan memutuskan apa yang harus dilakukan di Kabupaten Soppeng.

Saya mohon kepada pengurus IBI Sulsel agar Kabupaten Soppeng dapat menjadi penentu di Sulsel karena kesehatan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Saya juga minta tolong kepada para Bidan agar pada saat rapat kerja nanti membuat program yang dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Soppeng. Sehingga kita harus saling berkoordinasi dengan para Bidan dan pihak terkait lainnya. Intinya adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu masalah secara bersama-sama. (usman)

No More Posts Available.

No more pages to load.