Tambang Masmindo, Antara Harapan dan Berkah Bagi Warga Luwu

oleh -59 Dilihat

Tambang Masmindo, Antara Harapan dan Berkah Bagi Warga Luwu

Luwu-makassarpena.com. Kehadiran perusahaan tambang PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) yang berlokasi di Desa Tolajuk, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan saat ini dianggap sebagai berkah bagi warga setempat, khususnya yang berada di area lingkar tambang, Masmindo.

Warga pun berharap perusahaan ini akan menjadi kebanggaan mereka dan menjadi Berkah hingga anak cucunya kelak.

PT Masmindo adalah Pemegang Izin Kontrak Karya sejak 1998 untuk proyek tambang emas di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Saat ini Masmindo telah menjadi bagian dari korporasi Indika Energy Tbk. Sebuah perusahaan nasional ternama yang memiliki pengalaman mengelola sejumlah tambang di berbagai wilayah Indonesia.

Alhamdulillah, saat ini Masmindo sedang berada dalam fase prakonstruksi. Artinya perusahaan tambang ini tengah mempersiapkan pembangunan fasilitas tambang (konstruksi) sedang terus dilakukan perusahaan saat ini. Kelak jika proses konstruksi ini akan selesai, maka akan mengantarkan Masmindo ke fase penting berikutnya yaitu operasi produksi.

Berkah bagi warga Luwu akan kehadiran Masmindo di kaki gunung Latimojong itu memiliki 3 point penting. Pertama, Masmindo merekrut pekerja yang lebih mengutamakan penduduk lokal Luwu,

Kedua pengelolaan batuan yang mengandung emas dengan tidak menggunakan bahan kimia jenis merkuri, namun menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Dimana sisa dari pengolahan yang dipakai untuk membudidayakan ikan jenis nila yang tentunya akan berdampak baik bagi masyarakat setempat. Artinya pengelolaan tambangnya ‘aman’ dan berdampak manfaat bagi warga.

Dan ketiga adalah kepedulian Masmindo dalam ikut serta membantu warga sekitar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat kearah jauh lebih baik telah di wujudkan selama ini.

Perusahaan ini telah menunjukkan eksistensinya dalam banyak membantu warga secara khusus dan Pemerintah Kabupaten Luwu secara umum, bantuan-bantuan yang Masmindo berikan menyentuh semua kalangan diberbagai bidang, seperti bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, kemanusiaan, infrastruktur, seni-budaya, olahraga, sosial, ekonomi dan keagamaan.

Kontribusi Masmindo dibidang pendidikan, sudah tidak perlu lagi diragukan, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Luwu, perusahaan tambang emas ini mendirikan Rumah Pintar atau Banua Manarang yang beraa di Desa To’barru, Kecamatan Latimojong.

Peresmian rumah pintar yang Masmindo dirikan itu bertuajuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak disekitar tambang. Bukan hanya itu, Masmindo juga membantu pembangunan Sekolah Dasar di Desa Boneposi. Berkah lain dari kehadiran Masmindo dibidang pendidikan yaitu dengan menggelar kuliah umum Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Belopa, Kabupaten Luwu. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional.

Bukan hanya itu berbagai program Masmindo untuk tetap menjaga kelestarian alam disekitar site maupun lokasi yang lain telah ia tunjukkan. Bahkan di setiap peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Masmindo melakukan berbagai hal, seperti pelepasan benih ikan sebanyak 25 ribu lebih di Sungai Sanggong, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Tujuan pelepasan bibit ikan itu merupakan salah satu upaya dari PT. Masmindo Dwi Area untuk menjaga dan merevitalisasi habitat sungai sanggong, dan hal serupa juga dilakukan dibeberapa sungai lainnya dengan harapan masyarakat setempat dapat merasakan dan mengambil manfaat dari program revitalisasi sungai yang Masmindo lakukan.

Pada tahun 2022 ini, beberapa gebrakan telah Masmindo tunjukkan sepertii gerakan menanam sejuta pohon dengan memberikan 15.000 bibit gratis kepada masyarakat di Desa Pajang, Ulusalu, dan Boneposi.

Selanjutnya, pada peringatan hari Bumi 22 April 2022 lalu, PT. Masmindo Dwi Area kembali memperlihatkan kepeduliannya pada lingkungan dengan menanam 5.500 mangrove di pesisir Pelabuhan Tadette, Desa Senga Selatan, Kabupaten Luwu. Penanaman mangrove di pesisir itu, Masmindo kembali bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan difasilitasi oleh Kominitas Pecinta Mangrove.

Berkah akan kehadiran Masmindo di kaki gunung Latimojong juga dirasakan masyarakat setempat dibidang kesehatan. Hal tersebut dapat dilihat dan dirasakan secara nyata, dimana Masmido secara aktif memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat di sekitar tambang. Pengobatan gratis yang Masmindo lakukan itu dilaksanakan setiap bulan bekerjasama dengan Puskemas setempat.

Kontribusi perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan emas itu semakin terasa dan disyukuri oleh masyarakat setempat saat pandemi covid-19 melanda dunia. Untuk mencegah penyebaran virus itu, Masmindo mengandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Luwu semakin aktif melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatan secara gratis kepada masyarakat.

Dibidang seni dan budaya, Masmindo juga aktif dan menujukkan kepedulainnya. Ini terbukti dengan dukungan-dukungan yang perusahaan itu berikan dalam melestarikan kuliner lokal khsa Luwu dalam membantu mempromosikan kue-kue tradisonal yang diproduksi oleh warga setempat dan didistribusikan ke Site Awak Mas PT. Masmindo.

Dukungan lain Masmindo adalah merealisasikan memberikan bantuan penyediaan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar pada Sekolah Budaya Luwu (SLB) I La Galigo Belopa hingga sekolah tersebut mengantarkan kelulusan bagi 50 lebih peserta didik untuk setiap angkatan.

Kesimpulannya Masmindo adalah perusahaan tambang yang aman dan, memiliki rasa empati atau kepedulian yang tinggi bagi warga, dan tentu saja masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya dengan bekerja di perusahaan tersebut atau malah bisa membuka usaha warung misalnya. Bukankah ini berkah?
Penulis : Hudyana (Pemerhati masalah social)

No More Posts Available.

No more pages to load.